Irayani, Putri (2023) Strategi Guru Sejarah dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Nasionalisme di Kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3191121015_Cover.pdf
Download (77kB)
3191121015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (94kB)
3191121015_Abstrak.pdf
Download (139kB)
3191121015_Kata_Pengantar.pdf
Download (400kB)
3191121015_Daftar_Isi.pdf
Download (138kB)
3191121015_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
3191121015_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
3191121015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
3191121015_BAB_I.pdf
Download (264kB)
3191121015_BAB_V.pdf
Download (172kB)
3191121015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (166kB)
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah Pada era globalisasi ini, sangat penting untuk menanamkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam pendidikan sejarah. Salah satu cara untuk mengembangkan karakter bangsa yang sesuai dengan jati diri bangsa adalah dengan menanamkan nilai karakter nasionalisme.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru sejarah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sejarah kelas XI yang berjumlah 2 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru sejarah kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan telah menjalankan peranannya sebagai guru pembimbing, sebagai jembatan antargenerasi dan sebagai stimulus kreativitas dalam menanamkan nilai-nilai karakter nasionalisme seperti semangat kebangsaan, cinta tanah air dan toleransi dalam proses pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru sejarah sudah menggunakan strategi pembelajaran yang bermuatan karakteristik nasionalisme. Dimana ditunjukkan bahwa dengan adanya respon yang diberikan oleh siswa mengenai strategi guru sejarah dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme memperoleh hasil yang signifikan. Itu menunjukkan bahwa guru sejarah sudah melakukan penanaman nilai-nilai nasionalisme dengan menggunakan strategi pembalajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi guru sejarah; menanamkan nilai-nilai karakter nasionalisme |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 23 May 2024 11:26 |
Last Modified: | 23 May 2024 11:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57534 |