Haryanti, Ade Putri (2023) Analisis Peran Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Siswa yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila diSDN 064966 Medan Perjuangan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111038_Cover.pdf
Download (4MB)
1193111038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
1193111038_Abstrak.pdf
Download (4MB)
1193111038_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
1193111038_Daftar_Isi.pdf
Download (4MB)
1193111038_Daftar_Gambar.pdf
Download (4MB)
1193111038_Daftar_Tabel.pdf
Download (4MB)
1193111038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (4MB)
1193111038_BAB_I.pdf
Download (4MB)
1193111038_BAB_V.pdf
Download (4MB)
1193111038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dan peran Orang Tua dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan butir-butir pengamalan nilai sila kedua pada pancasila di SDN 064966 Medan Perjuangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 6 guru dan 20 Orang Tua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran angket/kuesioner yang berjumlah 22 butir pernyataan yang sudah divalidkan dengan dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek peran guru masuk kedalam kategori tinggi dengan persentase 99% dan pada aspek peran Orang Tua dengan persentase92% masuk pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa baikguru maupun Orang Tua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan dalam membentuk karakter siswa sangat berperan aktif dan sadar akan perannya. Disarankan kepada guru maupun Orang Tua untuk mempertahankan danmenjalankan perannya dengan sangat baik dalam membentuk karakter siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Peran Guru, Peran Orang Tua; Membentuk Karkater; Nilai- Nilai Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 27 May 2024 01:48 |
Last Modified: | 27 May 2024 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57519 |