Analisis Peran Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Siswa yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila diSDN 064966 Medan Perjuangan

Haryanti, Ade Putri (2023) Analisis Peran Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Siswa yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila diSDN 064966 Medan Perjuangan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111038_Cover.pdf] Text
1193111038_Cover.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_Abstrak.pdf] Text
1193111038_Abstrak.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111038_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111038_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111038_Daftar_Isi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111038_Daftar_Gambar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111038_Daftar_Tabel.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_BAB_I.pdf] Text
1193111038_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_BAB_V.pdf] Text
1193111038_BAB_V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193111038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dan peran Orang Tua dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan butir-butir pengamalan nilai sila kedua pada pancasila di SDN 064966 Medan Perjuangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 6 guru dan 20 Orang Tua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran angket/kuesioner yang berjumlah 22 butir pernyataan yang sudah divalidkan dengan dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek peran guru masuk kedalam kategori tinggi dengan persentase 99% dan pada aspek peran Orang Tua dengan persentase92% masuk pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa baikguru maupun Orang Tua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan dalam membentuk karakter siswa sangat berperan aktif dan sadar akan perannya. Disarankan kepada guru maupun Orang Tua untuk mempertahankan danmenjalankan perannya dengan sangat baik dalam membentuk karakter siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis; Peran Guru, Peran Orang Tua; Membentuk Karkater; Nilai- Nilai Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 27 May 2024 01:48
Last Modified: 27 May 2024 01:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57519

Actions (login required)

View Item
View Item