PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA PAB 8 SAENTIS

Simarmata, Rendy Louis (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193141032_Cover.pdf] Text
4193141032_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4193141032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193141032_Abstrak.pdf] Text
4193141032_Abstrak.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 4193141032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141032_Kata_Pengantar.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 4193141032_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141032_Daftar_Isi.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193141032_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141032_Daftar_Gambar.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4193141032_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141032_Daftar_Tabel.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4193141032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4193141032_BAB_I.pdf] Text
4193141032_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 4193141032_BAB_V.pdf] Text
4193141032_BAB_V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4193141032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan bantuan platform lectora inspire pada materi keanekaragaman hayati. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate) dari Thiagarajan dan disebarkan secara terbatas untuk melihat keefektifan media pembelajaran pada hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli pembelajaran, 3 ahli media, 1 guru bidang studi biologi, dan 28 orang peserta didik kelas X-4 SMA PAB 8 Saentis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar validasi dan lembar/tanggapan respon. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif dengan bantuan lectora inspire pada materi keanekaragaman hayati memperoleh kriteria “Sangat Layak” berdasarkan penilaian ahli materi, ahli pembelajaran, maupun ahli desain. Media pembelajaran interaktif dengan bantuan platform lectora inspire pada materi keanekaragaman hayati memperoleh kriteria sangat layak dan termasuk kategori positif berdasarkan respon peserta didik. Berdasarkan keefektifan hasil belajar peserta didik kelas X-4 SMA PAB 8 Saentis melalui uji N-Gain setelah menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran dikategorikan sedang dan produk media pembelajaran dinyatakan “layak” digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keanekaragaman hayati; Media pembelajaran; Pengembangan media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 03:29
Last Modified: 22 May 2024 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57517

Actions (login required)

View Item
View Item