Simarmata, Rendy Louis (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193141032_Cover.pdf
Download (179kB)
4193141032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4193141032_Abstrak.pdf
Download (345kB)
4193141032_Kata_Pengantar.pdf
Download (557kB)
4193141032_Daftar_Isi.pdf
Download (263kB)
4193141032_Daftar_Gambar.pdf
Download (198kB)
4193141032_Daftar_Tabel.pdf
Download (200kB)
4193141032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (200kB)
4193141032_BAB_I.pdf
Download (417kB)
4193141032_BAB_V.pdf
Download (201kB)
4193141032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (426kB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan bantuan platform lectora inspire pada materi keanekaragaman hayati. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate) dari Thiagarajan dan disebarkan secara terbatas untuk melihat keefektifan media pembelajaran pada hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli pembelajaran, 3 ahli media, 1 guru bidang studi biologi, dan 28 orang peserta didik kelas X-4 SMA PAB 8 Saentis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar validasi dan lembar/tanggapan respon. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif dengan bantuan lectora inspire pada materi keanekaragaman hayati memperoleh kriteria “Sangat Layak” berdasarkan penilaian ahli materi, ahli pembelajaran, maupun ahli desain. Media pembelajaran interaktif dengan bantuan platform lectora inspire pada materi keanekaragaman hayati memperoleh kriteria sangat layak dan termasuk kategori positif berdasarkan respon peserta didik. Berdasarkan keefektifan hasil belajar peserta didik kelas X-4 SMA PAB 8 Saentis melalui uji N-Gain setelah menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran dikategorikan sedang dan produk media pembelajaran dinyatakan “layak” digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Media pembelajaran; Pengembangan media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 22 May 2024 03:29 |
Last Modified: | 22 May 2024 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57517 |