PENGEMBANGAN E-MODUL STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) TERINTEGRASI HOTS PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 MEDAN

Adella, Lucy (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) TERINTEGRASI HOTS PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131001_Cover.pdf] Text
4201131001_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4201131001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4201131001_Abstrak.pdf] Text
4201131001_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4201131001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131001_Kata_Pengantar.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 4201131001_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131001_Daftar_Isi.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4201131001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201131001_Daftar_Tabel.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4201131001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201131001_Daftar_Gambar.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4201131001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201131001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4201131001_BAB_I.pdf] Text
4201131001_BAB_I.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4201131001_BAB_V.pdf] Text
4201131001_BAB_V.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4201131001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, tingkat validitas, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik terhadap e-modul STEM terintegrasi HOTS pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru, dosen kimia, dan peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA 7. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik serta rendahnya tingkat berpikir kritis pada pembelajaran kimia. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari tentang teknologi, rekayasa/teknik dan matematika juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Berdasarkan validitas menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Sangat Layak” dengan rata-rata valdasi skor 3,27, kemudian berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa, diperoleh bahwa e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 82,3% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Baik”. Selanjutnya, data dianalisis dengan One Sample T-Test pada program SPSS 26.0 for Windows dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan e-modul STEM terintegrasi HOTS pada materi laju reaksi lebih besar dari 78

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-modul, berbasis STEM, HOTS, laju reaksi, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 01:50
Last Modified: 22 May 2024 01:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57466

Actions (login required)

View Item
View Item