Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 1`di Kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024

Harahap, Abu Makmur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 1`di Kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111062_Cover.pdf] Text
1191111062_Cover.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 1191111062_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111062_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of 1191111062_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111062_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1191111062_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111062_Daftar_Isi.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 1191111062_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111062_Daftar_Gambar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1191111062_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111062_Daftar_Tabel.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1191111062_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111062_Daftar_Lampiran.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1191111062_BAB_I.pdf] Text
1191111062_BAB_I.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 1191111062_BAB_V.pdf] Text
1191111062_BAB_V.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1191111062_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111062_Daftar_Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 1`di kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen research dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 106810 Sampali T.A. 2023/2024 yang berjumlah 47
siswa dengan sampelnya adalah kelas IV-A sebagai kelas ekprerimen 1 yang berjumlah 25 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 22
siswa. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berbentuk soal pilihan
berganda. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent
Sample T-Test dengan berbantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa sebelum melalukan pembelajaran nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen I adalah 39,60 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II
adalah 36,82. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen I
menggunakan model quantum learning memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar
85,20 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas eksperimen II dengan
menggunakan model pembelajaran student teams achievement division (STAD)
memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 78,64 dengan kategori cukup. Pada
pengujian independent sample t-test menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu
0,005 < 0,05 artinya Hɑ diterima dan H0 ditolak. maka disimpulkan bahwa
“pengaruh model pembelajaran quantum learning lebih efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran
student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran tematik tema 1
subtema 1 kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Quantum Learning; STAD; Hasil Belajar; Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 22 May 2024 01:51
Last Modified: 22 May 2024 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57463

Actions (login required)

View Item
View Item