THE DEVELOPMENT OF INNOVATIVE LEARNING MATERIAL WITH PROJECT TO IMPROVE STUDENT CRITICAL THINKING SKILLS ON THE TEACHING OF REDOX TITRATION

Siilalahi, Gielf Justin Salisia Silrumson (2024) THE DEVELOPMENT OF INNOVATIVE LEARNING MATERIAL WITH PROJECT TO IMPROVE STUDENT CRITICAL THINKING SKILLS ON THE TEACHING OF REDOX TITRATION. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183131026_Cover.pdf] Text
4183131026_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4183131026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183131026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4183131026_Abstrak.pdf] Text
4183131026_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4183131026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183131026_Kata_Pengantar.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4183131026_Daftar_Isi.pdf] Text
4183131026_Daftar_Isi.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4183131026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183131026_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4183131026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183131026_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4183131026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183131026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4183131026_BAB_I.pdf] Text
4183131026_BAB_I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4183131026_BAB_V.pdf] Text
4183131026_BAB_V.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4183131026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183131026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Belajar secara mandiri telah menjadi ide populer di pendidikan dalam beberapa tahun terakhir. Akibatnya, mahasiswa mungkin kesulitan memahami standar pendidikan pada perguruan tinggi karena tidak ada deskripsi atau daftar karakteristik yang dapat membantu mereka memahami apa yang disiratkan saat belajar secara mandiri. Oleh karena itu diperlukan materi pembelajaran inovatif yang relevan dan mudah dipahami oleh siswa agar kompeten mengembangkan kapasitas pengetahuannya secara mandiri melalui keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis. Melalui metode penelitian Research and Development dengan menggunakan Model ADDIE, dibuatlah bahan ajar dengan mengintegrasikan model pembelajaran PjBL untuk mengukur skor kelayakan produk, mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, mengetahui respon mahasiswa dan mengukur hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi, nilai rata-rata hasil validasi diperoleh yaitu 3,56 (sangat tinggi). Setelah dilakukan uji coba produk diketahui respon siswa sebesar 87,68% (sangat baik), skor rata-rata kemampuan berpikir kritis sebelum proposal project sebesar 56,80 dan setelah proposal project sebesar 87,36 dengan skor gain sebesar 0.74 dengan kriteria tinggi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata hasil pretest siswa yaitu 56,61 dan posttest siswa yaitu 86,77 dengan skor gain sebesar 0.71 dengan kriteria tinggi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, bahan ajar terintegrasi model pembelajaran PjBL pada materi Titrasi Redoks layak digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inovasi, Bahan Ajar, Berpikir Kritis, Titrasi Redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 01:14
Last Modified: 22 May 2024 01:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57454

Actions (login required)

View Item
View Item