Nasution, Nazlan Hadi (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Menigkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas XI SMK N1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151121022 COVER.pdf
Download (43kB)
2. NIM. 5151121022 APPROVAL SHEET.pdf
Download (409kB)
3. NIM. 5151121022 ABSTRACT.pdf
Download (140kB)
4. NIM. 5151121022 PREFACE.pdf
Download (209kB)
5. NIM. 5151121022 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (138kB)
6. NIM. 5151121022 TABLES.pdf
Download (111kB)
7. NIM. 5151121022 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
8. NIM. 5151121022 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
9. NIM. 5151121022 CHAPTER I.pdf
Download (407kB)
13. NIM. 5151121022 CHAPTER V.pdf
Download (205kB)
14. NIM. 5151121022 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (267kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Teknik Pengelasan pada kompetensi dasar Menerapkan Teknik Pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan tumpul posisi atas kepala dengan las Shield Metal Arc Welding ( SMAW ) kelas XI SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan jumlah populasi 30 siswa. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi dasar Menerapkan Teknik Pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan tumpul posisi atas kepala dengan las Shield Metal Arc Welding (SMAW).Teknik pengumpulan data dengan menggunakan postest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 16siswa (54%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 14 siswa (46%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 68,5%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajardiperoleh 25 siswa (83%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (17%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77% Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI pada kompetensi dasar Menerapkan Teknik Pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan tumpul posisi atas kepala dengan Shield Metal Arc Welding ( SMAW ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Aktivitas Siswa; Teknik Pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan tumpul posisi atas kepala dengan las Shield Metal Arc Welding (SMAW) |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ255 Heat engines |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:59 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57433 |