Pradeni, Eggi (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengelasan Kelas XI Teknik Kenderangan Ringan di SMK PAB 12 Saeintis Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133121013 COVER.pdf
Download (43kB)
2. NIM. 5133121013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (250kB)
3. NIM. 5133121013 ABSTRACT.pdf
Download (112kB)
4. NIM. 5133121013 PREFACE.pdf
Download (131kB)
5. NIM. 5133121013 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (164kB)
6. NIM. 5133121013 TABLES.pdf
Download (177kB)
7. NIM. 5133121013 ILLUSTRATION.pdf
Download (173kB)
8. NIM. 5133121013 APPENDICES.pdf
Download (204kB)
9. NIM. 5133121013 CHAPTER I.pdf
Download (319kB)
13. NIM. 5133121013 CHAPTER V.pdf
Download (205kB)
14. NIM. 5133121013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (112kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan siswa menyerap materi pelajaran selama proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru bidang studi masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah yang belum menunjukkan hasil belajar yang maksimal dan membuat siswa menjadi bosan, pasif, dan kurang kreatif. Kesalahan dalam pemilihan model pembelajaran dapat membuat siswa cenderung kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah tipe NHT, tipe pembelajaran NHT menekankan pada struktur khusus yang dirancang mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PAB 12 Saentis Program Keahlian Teknik Kenderangan Ringan dengan jumlah siswa 30 orang. Alat pengukuran yang digunakan berupa tes, baik tes tulis maupun tes lisan maupun tes perbuatan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama pelaksanaan pembelajaran Pengelasan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil belajar siswa diperoleh dari tes yang dilakukan tiap akhir siklus. Sedangkan aktivitas siswa diperoleh dengan melakukan pengamatan yang dilakukan observer. Hasil peneltian ini menunjukkan, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes adalah 42,83 ketuntasan secara klasikal sebesar 26,6%. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 66,1 serta ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56, 7% . Sedangkan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 74,67 kategori cukup aktif. Dilihat dari indikator keberhasilan hasil belajar, siklus I belum berhasil dan perlu diperbaiki pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 76,22 dengan ketuntasan klasikal 80,0 %. Sedangkan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 87,83 kategori baik. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran NHT meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pengelasan siswa kelas XI Teknik Kenderangan Ringan di SMK PAB 12 Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran NHT; Penelitian Tindakan Kelas; Mata Pelajaran Pengelasan |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL500 Aeronautics. Aeronautical engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:54 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57431 |