Damanik, Christoffer Hasiholan (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PDTM Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5141121006 COVER.pdf
Download (74kB)
2. NIM 5141121006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (915kB)
3. NIM 5141121006 ABSTRACT.pdf
Download (65kB)
4. NIM 5141121006 PREPACE.pdf
Download (212kB)
5. NIM 5141121006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (97kB)
6. NIM 5141121006 TABELS.pdf
Download (35kB)
7. NIM 5141121006 ILUSTRATION.pdf
Download (34kB)
8. NIM 5141121006 APPENDICES.pdf
Download (34kB)
9. NIM 5141121006 CHAPTER I.pdf
Download (338kB)
13. NIM 5141121006 CHAPTER V.pdf
Download (157kB)
14. NIM 5141121006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (167kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PDTM Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas X SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar . Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 53%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 16 siswa dan nilai rata-rata kelas sebesar 68. Pada siklus II meningkat menjadi 86%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 26 siswa dan nilai rata-rata kelas mencapai 78. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning telah mencapai tingkat ketuntasan sebesar 80 %. Maka model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:26 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57416 |