Ardelia, Thalita (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE BERBASIS PHET COLORADO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI SMP CERDAS MURNI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4181151018_Cover.pdf
Download (91kB)
4181151018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (357kB)
4181151018_Abstrak.pdf
Download (168kB)
4181151018_Kata_Pengantar.pdf
Download (587kB)
4181151018_Daftar_Isi.pdf
Download (134kB)
4181151018_Daftar_Tabel.pdf
Download (74kB)
4181151018_Daftar_Gambar.pdf
Download (72kB)
4181151018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (77kB)
4181151018_BAB_I.pdf
Download (330kB)
4181151018_BAB_V.pdf
Download (73kB)
4181151018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (365kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis media PhET Colorado pada materi energi dalam sistem kehidupan memenuhi kriteria tinggi dan aspek berpikir kritis apakah yang terkembangkan melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis media PhET Colorado pada materi energi dalam sistem kehidupan. Jenis penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 21 siswa yaitu kelas VII-2 SMP Cerdas Murni yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 10 soal dan memenuhi syarat reliabilitas sebesar 0,634. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 19,33 dan posttest sebesar 81,23, yang menyatakan data bersifat homogen. Pada uji normalitas diperoleh nilai Chi-Kuadrat pretest sebesar 23,026 dan posttest sebesar 7,126 yang menyatakan data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis (one sample t-test) diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,084 > 1,725. Pada pengujian gain ternomalisasi diperoleh n-gain sebesar 0,764 (76%) yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran learning Cycle 7E berbasis media PhET Colorado pada materi energi dalam sistem kehidupan memenuhi kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa untuk aspek 1 memberikan penjelasan sederhana sebesar 67%, aspek 2 membangun keterampilan dasar sebesar 89%, aspek 3 menyimpulkan sebesar 99%, aspek 4 membuat penjelasan lebih lanjut sebesar 66% dan aspek 5 mengatur strategi dan taktik sebesar 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aspek berpikir kritis yang terkembangkan adalah aspek menyimpulkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran learning cycle 7E, kemampuan berpikir kritis, PhET, energi dalam sistem kehidupan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:18 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57407 |