PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE BERBASIS PHET COLORADO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI SMP CERDAS MURNI

Ardelia, Thalita (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE BERBASIS PHET COLORADO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI SMP CERDAS MURNI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181151018_Cover.pdf] Text
4181151018_Cover.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4181151018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181151018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4181151018_Abstrak.pdf] Text
4181151018_Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4181151018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181151018_Kata_Pengantar.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of 4181151018_Daftar_Isi.pdf] Text
4181151018_Daftar_Isi.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4181151018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4181151018_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4181151018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4181151018_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4181151018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4181151018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4181151018_BAB_I.pdf] Text
4181151018_BAB_I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4181151018_BAB_V.pdf] Text
4181151018_BAB_V.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4181151018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181151018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis media PhET Colorado pada materi energi dalam sistem kehidupan memenuhi kriteria tinggi dan aspek berpikir kritis apakah yang terkembangkan melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis media PhET Colorado pada materi energi dalam sistem kehidupan. Jenis penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 21 siswa yaitu kelas VII-2 SMP Cerdas Murni yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 10 soal dan memenuhi syarat reliabilitas sebesar 0,634. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 19,33 dan posttest sebesar 81,23, yang menyatakan data bersifat homogen. Pada uji normalitas diperoleh nilai Chi-Kuadrat pretest sebesar 23,026 dan posttest sebesar 7,126 yang menyatakan data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis (one sample t-test) diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,084 > 1,725. Pada pengujian gain ternomalisasi diperoleh n-gain sebesar 0,764 (76%) yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran learning Cycle 7E berbasis media PhET Colorado pada materi energi dalam sistem kehidupan memenuhi kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa untuk aspek 1 memberikan penjelasan sederhana sebesar 67%, aspek 2 membangun keterampilan dasar sebesar 89%, aspek 3 menyimpulkan sebesar 99%, aspek 4 membuat penjelasan lebih lanjut sebesar 66% dan aspek 5 mengatur strategi dan taktik sebesar 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aspek berpikir kritis yang terkembangkan adalah aspek menyimpulkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran learning cycle 7E, kemampuan berpikir kritis, PhET, energi dalam sistem kehidupan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 08:18
Last Modified: 21 May 2024 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57407

Actions (login required)

View Item
View Item