PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA MATERI PERALATAN DI LABORATORIUM IPA SMP/MTS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS VII MTSN 2 MEDAN T.P.2023/2024

Zubaidah, Siti (2024) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA MATERI PERALATAN DI LABORATORIUM IPA SMP/MTS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS VII MTSN 2 MEDAN T.P.2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191151019_Cover.pdf] Text
4191151019_Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4191151019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191151019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 4191151019_Abstrak.pdf] Text
4191151019_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4191151019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191151019_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4191151019_Daftar_Isi.pdf] Text
4191151019_Daftar_Isi.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4191151019_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191151019_Daftar_Tabel.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4191151019_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191151019_Daftar_Gambar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4191151019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191151019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4191151019_BAB_I.pdf] Text
4191151019_BAB_I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4191151019_BAB_V.pdf] Text
4191151019_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4191151019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191151019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Ensiklopedia materi peralatan di laboratorium IPA di kelas VII MTsN 2 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-5 MTsN 2 Medan yang berjumlah 32 orang peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model 4D (Define-Design-Development-Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri angket validasi ahli materi, ahli media, ahli desain instruksional, angket respon guru, angket respon peserta didik dan instrument test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menurut para ahli yaitu ahli materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Ahli media dan ahli desain instruksional diperoleh persentase rata-rata sebesar 74%, 74% dengan kategori layak. Hasil respon guru dan peserta didik terhadap ensiklopedia diperoleh persentase rata-rata sebesar 98% dan 90,42% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar peserta didik diperoleh dengan rata-rata N-gain score sebesar 0,649 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa Ensiklopedia efektif dalam meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Ensiklopedia, Model 4D, Peralatan di Laboratorium IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 08:19
Last Modified: 21 May 2024 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57405

Actions (login required)

View Item
View Item