Nurmayani, Meri (2020) Pengembangan Modul Pembuatan Pola Dasar Pada Kelas X Di SMK Putra Anda Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133141018 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM. 5133141018 APPROVL SHEET.pdf
Download (267kB)
3. NIM. 5133141018 ABSTRACT.pdf
Download (111kB)
4. NIM. 5133141018 PREFACE.pdf
Download (191kB)
5. NIM. 5133141018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (288kB)
6. NIM. 5133141018 TABLES.pdf
Download (231kB)
7. NIM. 5133141018 ILLUSTRATION.pdf
Download (258kB)
8. NIM. 5133141018 LISF OF BAGAN.pdf
Download (163kB)
9. NIM. 5133141018 APPENDICES.pdf
Download (165kB)
10. NIM. 5133141018 CHAPTER I.pdf
Download (397kB)
14. NIM. 5133141018 CHAPTER V.pdf
Download (202kB)
15. NIM. 5133141018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (140kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengembangan modul pembuatan pola dasar pada kelas X di SMK Putra Anda Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and development). Penelitian ini dilakukan di SMK Putra Anda Binjai. Subjek penelitian ini siswa kelas X Tata Busana yang berjumlah 33 siswa di SMK Putra Anda Binjai. Pengembangan modul pembuatan pola dasar meliputi 6 tahap, yakni : 1) tahap pengumpulan data, 2) tahap desain produk, 3) tahap validasi media dan materi, 4) tahap revisi media dan materi, 5) tahap uji coba, 6) produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil berjumlah 8 siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 16 siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 33 siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul pembuatan pola dasar berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan yaitu : 1) Hasil penelitian ahli materi dengan persentase 94% dengan kriteria sangat baik dan penelitian ahli media dengan persentase 90% dengan kriteria sangat baik. 2) Hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 87% dengan kriteria sangat baik, uji coba kelompok sedang dengan persentase 90% dengan kriteria sangat baik dan uji coba kelompok kelompok besar dengan persentase 91% dengan kriteria sangat baik. 3) Uji efektifitas pada siswa pada kriteria sangat baik (95%) dan uji efektifitas guru pada kriteria sangat baik (93%) ini membuktikan tingkat keefektifan modul yang dikembangkan sangat baik untuk mata pelajaran khusus pola dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Modul; Pola Dasar; Sistem Meyneke; Sistem Dressmaking; Sistem Soen |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:46 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57386 |