Yanti, Nopi (2020) Pengembangan Media Pembelajaran E-Book (Buku Digital) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5131141016 COVER.pdf
Download (249kB)
2. NIM 5131141016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (779kB)
3. NIM 5131141016 ABSTRACT.pdf
Download (352kB)
4. NIM 5131141016 PREFACE.pdf
Download (456kB)
5. NIM 5131141016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (269kB)
6. NIM 5131141016 TABLES.pdf
Download (374kB)
7. NIM 5131141016 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (273kB)
8. NIM 5131141016 DIAGRAMS.pdf
Download (344kB)
9. NIM 5131141016 CHARTS.pdf
Download (299kB)
10. NIM 5131141016 APPENDICS.pdf
Download (214kB)
11. NIM 5131141016 CHAPTER I.pdf
Download (589kB)
15. NIM 5131141016 CHAPTER V.pdf
Download (244kB)
16. NIM 5131141016 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (471kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran e-book (buku digital) pada mata pelajaran dasar desain 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran e-book (buku digital) pada mata pelajaran dasar desain untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development) dengan model pengembangan Borg And Gall yang dikembangkan dalam buku Sugiono yang terdiri dari 10 (sepuluh) langkah pengembangan, yaitu : 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi ahli, 5) revisi produk, 6) uji coba kelompok kecil, 7) revisi produk, 8) uji coba kelompok sedang, 9) revisi produk, 10) uji coba kelompok besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat yaitu 9 (sembilan) siswa untuk uji kelompok kecil, 18 (delapan belas) siswa untuk uji kelompok sedang, dan 36 (tiga puluh enam siswa) untuk uji coba kelompok besar. Objek penelitian adalah mata pelajaran dasar desain materi unsur dan prinsip desain dalam bentuk media pembelajaran e-book dengan format Pdf. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan menggunakan skala likert dalam penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Menghasilkan produk media pembelajaran e-book pada mata pelajaran dasar desain untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. 2) Media pembelajaran e-book dinyatakan masuk dalam kategori layak dengan melalui beberapa tahapan, yaitu : 1)Validasi oleh ahli media menyatakan bahwa 93% dengan kategori “sangat baik” karena memenuhi standart kelayakan kegrafikaan 93,5% dan standart kelayakan bahasa 92,5%. Validasi oleh ahli materi menyatakan bahwa 92% dengan kriteria “sangat baik” dengan memenuhi standar kelayakan isi 87,5% dan standart kelayakan penyajian 96,6%. 2) Hasil Uji coba kelompok kecil dengan persentase 67,9% termasuk kriteria “cukup baik”, hasil uji coba kelompok sedang dengan persentase 74,8% termasuk kriteria “baik”. Hasil uji coba kelompok besar dengan persentase 90,3% termasuk kriteria “sangat baik” serta hasil penilaian uji kelayakan oleh 2 (dua) guru Tata Busana adalah 93,3% dengan kriteria “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; E-Book (Buku Digital); Dasar Desain |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:43 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57384 |