PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VAN HIELE BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIBOLGA

Hutasoit, Retno Enjelita (2023) PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VAN HIELE BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIBOLGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111065_Cover.pdf] Text
4191111065_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4191111065_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111065_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4191111065_Abstrak.pdf] Text
4191111065_Abstrak.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 4191111065_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111065_Kata_Pengantar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4191111065_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111065_Daftar_Isi.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4191111065_BAB_I.pdf] Text
4191111065_BAB_I.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4191111065_BAB_V.pdf] Text
4191111065_BAB_V.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 4191111065_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111065_Daftar_Pustaka.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa di SMP Negeri 2 Sibolga Tahun Ajaran 2022/2023 setelah dikenakan pembelajaran teori Van Hiele berbantuan Geogebra. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur yang memiliki tahapan berulang pada Siklus I dan Siklus II, yaitu permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi, analisis data hingga refleksi. Penelitian bermula dengan mendapati bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa sebelum dikenakan tindakan masih dalam kategori rendah yaitu 48,8 dengan persentase ketuntasan
klasikal 20%, kemudian rata-rata kemampuan itu meningkat menjadi 70,67 (tinggi) dengan ketuntasan klasikal 60% pada siklus I, dan 87,25 (tinggi) dengan ketuntasan klasikal 80% pada siklus II. Peningkatan tersebut berhasil naik lebih
tinggi, terlihat dari kenaikan nilai indeks gain yang pada siklus I adalah 0,39 (rendah) menjadi 0,75 (tinggi). Pada Indikator 1, kemampuan representasi naik dari 44 (rendah) menjadi 63 (sedang) kemudian menjadi 81,5 (tinggi). Kemampuan Indikator 2 naik dari 46 (rendah) menjadi 67,66 (sedang) kemudian menjadi 88,25 (tinggi). Pada Indikator 3, kemampuan meningkat dari 54 (sedang) menjadi 78,5 (tinggi) kemudian menjadi 88,5 (tinggi). Selain itu, kemampuan pengajar/peneliti dalam mengolah kegiatan kelas meningkat secara signifikan yang pada siklus I adalah 2,32 dengan kategori cukup menjadi 3,03 dengan kategori baik.Kemudian, persentasi aktivitas siswa juga meningkat dari 61,1% dengan kategori cukup menjadi 82,4% dengan kategori tinggi. Melalui hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan Teori Van Hiele dengan berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan Representasi Matematis Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sibolga Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Hut p
Keywords: Geogebra; Representasi matematis; Geometri; Teori belajar van hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 07:46
Last Modified: 07 Jun 2024 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57381

Actions (login required)

View Item
View Item