Ningrum, Widia (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ( MACROMEDIA FLASH 8) MATA PELAJARAN PERAWATAN WAJAH TIDAK BERMASALAH UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113144044 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
02. NIM 5113144044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
03. NIM 5113144044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
04. NIM 5113144044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
05. NIM 5113144044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. NIM 5113144044 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
07. NIM 5113144044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
08. NIM 5113144044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
09. NIM 5113144044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
13. NIM. 5113144044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 5113144044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah – langkah dalam mengembangkan media pembelajaran macromedia flash 8 pada mata pelajaran perawatan wajah tidak bermasalah, media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Selain itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas produk media pembelajaran yang dikembangakan, agar layak digunakan sebagai media belajar mandiri bagi siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Reaserch and Development ) dengan model prosedural, berdasarkan langkah – langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah – langkah dalam media pembelajaran ini dilakukan melalui Lima tahapan yaitu (1) tahap analisis ; (2) tahap perancangan ; (3) tahap pengembangan ; (4) tahap validasi dan uji coba ; (5) tahap akhir produk media pembelajaran. Setelah menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan aplikasi macromedia flash 8, kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi oleh dosen ahli materi, dan dosen ahli media. Saran dari hasil validasi digunakan untuk merivisi produk. Setelah media dinyatakan layak, kemudian dilakukan penilaian oleh guru mata pelajaran, dan uji coba media pembelajaran kepada siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 1 Beringin yang berjumlah 39 siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifotas guru dan siswa, di akhiri dengan mengerjakan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi perawatan kulit wajah tidak bermasalah.
Hasil penelitian penelitian menunjukkan : (1) ahli materi pelajaran perawtan kulit wajah tidak bermasalah berada pada kualifikasi sangat baik (90,8%), (2) uji coba ahli media pembelajaran pada kualifikasi sangat baik (94%), (3) uji coba kelompok kecil pada kualifikasi baik (70,88%), (4) uji coba sedang pada kualifikasi baik (83,33%), (5) uji coba besar pada kualifikasi sangat baik (94,34%),(6) uji efektifitas siswa pada kualifikasi sangat baik ( 94,34%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (93%) ini membuktikan tingkat keefektifan media pembelajaran macromedia flash 8 yang dikembangkan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RIAS 017 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Macomedia Flahs; Lembar Diagnosa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 03:45 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5737 |