Br. Panggabean, Rizky Dwiyanti (2023) PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SELESAI T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173121046_Cover.pdf
Download (219kB)
4173121046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (810kB)
4173121046_Abstrak.pdf
Download (215kB)
4173121046_Kata_Pengantar.pdf
Download (330kB)
4173121046_Daftar_Isi.pdf
Download (388kB)
4173121046_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
4173121046_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
4173121046_Daftar_Lampiran.pdf
Download (213kB)
4173121046_BAB_I.pdf
Download (671kB)
4173121046_BAB_V.pdf
Download (315kB)
4173121046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (243kB)
Abstract
Masalah utama dalam pendidikan formal dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar mandiri. Salah satu cara mengembangkan bahan ajar yang dapat memotivasi peserta didik agar lebih aktif dan kreatif dengan software tertentu yaitu e-modul (modul elektronik). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validitas pengembangan e-modul fisika berbasis Saintifik pada materi Fluida Statis, (2) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul fisika berbasis Saintifik pada materi Fluida Statis, (3) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap e-modul fisika berbasis Saintifik pada materi Fluida Statis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Selesai yang berjumlah 30 orang peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik terhadap e-modul berbasis saintifik, dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan e-modul berbasis saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 88,7% dan ahli media 91,4%. (2) tingkat kepraktisan media video eksperimen berbasis saintifik yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon dari salah satu guru bidang studi memperoleh persentase sebesar 93,7%. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan melibatkan 10 responden dengan presentasi 81,8% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 30 responden memperoleh presentasi sebesar 83,1% dengan kriteria sangat praktis (3) tingkat keefektifan e-modul berbasis saintifik pada materi fluida statis di SMA yang telah dikembangkan yaitu kategori tinggi. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata N-gain sebesar 0,7. Maka disimpulkan bahwa e-modul dapat dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan, e-modul, saintifik, fluida statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:54 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57339 |