Simanjorang, Selpiyani BR (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Melalui Teknik Modeling Terhadap Hubungan Interpersonal Siswa Kelas XI-IPA di SMAN 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181151004_COVER.pdf
Download (53kB)
2. NIM. 1181151004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (239kB)
3. NIM. 1181151004_ABSTRAK.pdf
Download (142kB)
4. NIM. 1181151004_KATA PENGANTAR.pdf
Download (185kB)
5. NIM. 1181151004_DAFTAR ISI.pdf
Download (90kB)
6. NIM. 1181151004_DAFTAR TABEL.pdf
Download (36kB)
7. NIM. 1181151004_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (33kB)
8. NIM. 1181151004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (37kB)
9. NIM. 1181151004_BAB I.pdf
Download (252kB)
13. NIM. 1181151004_BAB V.pdf
Download (109kB)
14. NIM. 1181151004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (97kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan klasikalmelalui teknik modeling terhadap hubungan interpersonal siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Medan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah bimbingan klasikalmelalui teknik modeling terhadap hubungan
interpersonal siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Preexperimental design dengan bentuk One Group Pre-test and Post-test Group Design. Penelitian ini ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktober 2022. Sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas IX IPA Semester 1 sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat hubungan interpersonal siswa. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan klasikal. Kemudian data dianalisis menggunakan uji
Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian bimbingan klasikal terhadap hubungan interpersonal siswa. Hal ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan dengan skor terawal (pre-test) diperoleh rata-rata=129,26% sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 120,83 %. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 280 sedangkan Jtabel= 89. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda
Wilcoxon untuk n = 40, α= 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung>Jtabeldi mana 280 > 89. Dari hasil perhitungan, hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan klasikalmelalui teknik modeling terhadap hubungan interpersonal siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Medan dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Klasikal; Hubungan Interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:44 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57337 |