PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Siahaan, Natasya Isabel (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111055_Cover.pdf] Text
4191111055_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4191111055_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111055_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4191111055_Abstrak.pdf] Text
4191111055_Abstrak.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4191111055_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111055_Kata_Pengantar.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4191111055_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111055_Daftar_Isi.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4191111055_BAB_I.pdf] Text
4191111055_BAB_I.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of 4191111055_BAB_V.pdf] Text
4191111055_BAB_V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4191111055_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (480kB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dalam proses pembelajaran, dibutuhkan sebuah pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk tersebut agar menjadi lebih valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate).Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X IPA 1 SMA Methodist 7 Medan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan telah memperoleh tingkat validitas yang sangat tinggi, dengan persentase rata-rata 90,38% menurut ahli materi, 87,77% menurut ahli media, kemudian sebesar 90,90% menurut validator RPP dan hasil validasi dari ahli terhadap soal pre-test dan post-test menunjukkan
persentase sebesar 92,70% dan 91,67%, masing-masing termasuk dalam kriteria "sangat valid". Respons positif juga ditemukan dari guru dan siswa selama uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, dengan nilai rata-rata 96% dari guru,
94,4% dari kelompok kecil, dan 90,2% dari kelompok besar.Hal ini menunjukkan bahwa media ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Selain itu, hasil penerapan media pembelajaran interaktif ini juga menunjukkan keefektifannya dengan persentase rata-rata respon keefektifan media pembelajaran oleh siswa diperoleh sebesar 92,23%. Tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai 96,67%, dan angket keefektifan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86,67%. Peningkatan pemahaman matematis siswa dapat dikategorikan sebagai peningkatan sedang.Berdasarkan data penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang kami kembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sia p
Keywords: Android; Problem based learning; Pemahaman matematis; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 06:34
Last Modified: 21 May 2024 06:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57334

Actions (login required)

View Item
View Item