Siahaan, Natasya Isabel (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111055_Cover.pdf
Download (49kB)
4191111055_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (107kB)
4191111055_Abstrak.pdf
Download (189kB)
4191111055_Kata_Pengantar.pdf
Download (196kB)
4191111055_Daftar_Isi.pdf
Download (435kB)
4191111055_BAB_I.pdf
Download (783kB)
4191111055_BAB_V.pdf
Download (224kB)
4191111055_Daftar_Pustaka.pdf
Download (480kB)
Abstract
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dalam proses pembelajaran, dibutuhkan sebuah pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk tersebut agar menjadi lebih valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate).Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X IPA 1 SMA Methodist 7 Medan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan telah memperoleh tingkat validitas yang sangat tinggi, dengan persentase rata-rata 90,38% menurut ahli materi, 87,77% menurut ahli media, kemudian sebesar 90,90% menurut validator RPP dan hasil validasi dari ahli terhadap soal pre-test dan post-test menunjukkan
persentase sebesar 92,70% dan 91,67%, masing-masing termasuk dalam kriteria "sangat valid". Respons positif juga ditemukan dari guru dan siswa selama uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, dengan nilai rata-rata 96% dari guru,
94,4% dari kelompok kecil, dan 90,2% dari kelompok besar.Hal ini menunjukkan bahwa media ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Selain itu, hasil penerapan media pembelajaran interaktif ini juga menunjukkan keefektifannya dengan persentase rata-rata respon keefektifan media pembelajaran oleh siswa diperoleh sebesar 92,23%. Tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai 96,67%, dan angket keefektifan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86,67%. Peningkatan pemahaman matematis siswa dapat dikategorikan sebagai peningkatan sedang.Berdasarkan data penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang kami kembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sia p |
Keywords: | Android; Problem based learning; Pemahaman matematis; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:34 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57334 |