Saragih, Emalia (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN HIASAN PADA ROK WANITA SISWA SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 5113341009 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. Nim. 5113341009. APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. Nim 5113341009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. Nim 5113341009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. Nim 5113341009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. Nim 5113341009 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. Nim 5113341009 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. Nim 5113341009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. Nim 5113341009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. Nim 5113341009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. Nim 5113341009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media pembelajaran video pembuatan sulaman fantasi pada rok wanita terhadap hasil belajar pembuatan hiasan siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2015/2016. Lokasi penelitian SMK Negeri 3 Pematangsiantar, JL. Raya Medan Km 10,5 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian 60 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen , teknik analisis datanya menggunakan uji kesepakatan pengamat dan uji persyaratan analisis. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan pembuatan hiasan sulaman fantasi pada rok suai yang diamati oleh 5 orang pengamat. 3 orang pengamat berprofesi sebagai Dosen Tata busana dan 2 orang pengamat berprofesi sebagai Guru bidang studi Tata busana.
Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 89 dengan simpangan baku 15,8 dan kelas kontrol 72 dengan simpangan baku 44,4. Berdasarkan uji t diperoleh thitung = 12,1 > ttabel = 1,671 maka hipotesis alternatifnya (Ha) diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dikelas eksperimen dan dikelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan media pembelajaran video terhadap mata pelajaran pembuatan hiasan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembuatan sulaman fantasi pada rok wanita dikelas XII Tata Busana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 018 |
Keywords: | Vidio; Rok; Hiasan; Sulaman; Pola Tebur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:59 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5732 |