Pengaruh Model Belajar Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Siswa XI di SMK N 1 percut sei tuan T.A 2019/2020

Nasution, Mhd. Arif Sahron (2020) Pengaruh Model Belajar Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Siswa XI di SMK N 1 percut sei tuan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM.5162131002 COVER.pdf] Text
01. NIM.5162131002 COVER.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 02. NIM.5162131002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
02. NIM.5162131002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 03. NIM.5162131002 ABSTRACT.pdf] Text
03. NIM.5162131002 ABSTRACT.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 04. NIM.5162131002 PREFACE.pdf] Text
04. NIM.5162131002 PREFACE.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 05.NIM.5162131002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05.NIM.5162131002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 06. NIM.5162131002 TABLES.pdf] Text
06. NIM.5162131002 TABLES.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 07. NIM. 5162131002 ILLUSTRATION.pdf] Text
07. NIM. 5162131002 ILLUSTRATION.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 08. NIM. 5162131002 APPENDICES.pdf] Text
08. NIM. 5162131002 APPENDICES.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 09. NIM.5162131002 CHAPTER I.pdf] Text
09. NIM.5162131002 CHAPTER I.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 13. NIM.5162131002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.5162131002 CHAPTER V.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 14. NIM.5162131002  BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.5162131002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik kelas XI TITL di SMK. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttes Only Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 62 orang peserta didik, yang terdiri dari 32 peserta didik kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji Validitas,reliabilitas,tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model belajar project based learning diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 77,33 sedangkan kelas kontrol 71,16. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 3,261 dan ttabel adalah 1,670, maka thitung > ttabel atau 3,261 > 1,670, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada kompetensi memahami instalasi dan pengukuran sistem pembumian dengan model belajar project based learning (PJBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model belajar project based learning; hasil belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 May 2024 05:13
Last Modified: 21 May 2024 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57319

Actions (login required)

View Item
View Item