Nasution, Mhd. Arif Sahron (2020) Pengaruh Model Belajar Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Siswa XI di SMK N 1 percut sei tuan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.5162131002 COVER.pdf
Download (183kB)
02. NIM.5162131002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
03. NIM.5162131002 ABSTRACT.pdf
Download (175kB)
04. NIM.5162131002 PREFACE.pdf
Download (294kB)
05.NIM.5162131002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (268kB)
06. NIM.5162131002 TABLES.pdf
Download (175kB)
07. NIM. 5162131002 ILLUSTRATION.pdf
Download (209kB)
08. NIM. 5162131002 APPENDICES.pdf
Download (235kB)
09. NIM.5162131002 CHAPTER I.pdf
Download (585kB)
13. NIM.5162131002 CHAPTER V.pdf
Download (312kB)
14. NIM.5162131002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (205kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik kelas XI TITL di SMK. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttes Only Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 62 orang peserta didik, yang terdiri dari 32 peserta didik kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji Validitas,reliabilitas,tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model belajar project based learning diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 77,33 sedangkan kelas kontrol 71,16. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 3,261 dan ttabel adalah 1,670, maka thitung > ttabel atau 3,261 > 1,670, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada kompetensi memahami instalasi dan pengukuran sistem pembumian dengan model belajar project based learning (PJBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model belajar project based learning; hasil belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 05:13 |
Last Modified: | 21 May 2024 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57319 |