Simanjuntak, Ita Maruli (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di Smks Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5162331003 COVER.pdf
Download (70kB)
2. NIM 5162331003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (655kB)
3. NIM 5162331003 ABSTRACT.pdf
Download (104kB)
4. NIM 5162331003 PREFACE.pdf
Download (89kB)
5. NIM 5162331003 TABLE OF CONTENT .pdf
Download (135kB)
6. NIM 5162331003 TABLES.pdf
Download (35kB)
7. NIM 5162331003 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
8. NIM 5162331003 APPENDICES.pdf
Download (141kB)
9. NIM 5162331003 CHAPTER I.pdf
Download (244kB)
13. NIM 5162331003 CHAPTER V.pdf
Download (128kB)
14. NIM 5162331003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (188kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X Smks Imelda Medan. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Uji normalitas data digunakan chi kuadrat dan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) = 0,05. Model Pembelajaran yang digunakan adalah Model pembelajaran Think Pair Share yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta Imelda Medan yang mengikuti sub kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (kelas eksperimen) dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan Model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 30 dan 30 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 60 orang. Hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 4,050 > 1,677. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS); Hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:49 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57272 |