PENGEMBANGAN RANCANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL

Munawarah, Aulia Fitri (2023) PENGEMBANGAN RANCANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173121003_Cover.pdf] Text
4173121003_Cover.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4173121003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173121003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4173121003_Abstrak.pdf] Text
4173121003_Abstrak.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 4173121003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173121003_Kata_Pengantar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4173121003_Daftar_Isi.pdf] Text
4173121003_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4173121003_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173121003_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4173121003_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173121003_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4173121003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173121003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4173121003_BAB_I.pdf] Text
4173121003_BAB_I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 4173121003_BAB_V.pdf] Text
4173121003_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4173121003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173121003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran E-learning berbasis Edmodo pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIPA SMA yang memenuhi aspek validitas dan efektivitas pengunaan rancangan pembelajaran E-learning. Jenis penelitian ini adalah pengembangan penelitian atau Research and Development (R&D), dengan ADDIE model. Adapun instrumen tes penelitian pengembangan ini adalah angket validasi dan pre test-post test berupa pilihan ganda yang mengukur efektivitas penggunaan rancangan pembelajaran E-learning. Hasil penelitian pengembangan rancangan pembelajaran E-learning berbasis Edmodo berdasarkan hasil uji validasi ahli materi tersebut memperoleh aspek isi 99% dan aspek kebahasaan 100% adalah sangat valid. Hasil uji ahli media diperoleh aspek tampilan 95%, aspek interaksivitas 96% dan aspek kemanfaatan 97% dengan kategori sangat valid dan revisi. Hasil validasi pada praktisi pembelajaran (guru) adalah untuk keseluruhan aspek 95% yang terkategori sangat valid. Berdasarkan hasil kemampuan akhir siswa dari XI MIPA 1 kategori nilai sedang sebanyak 3 orang dan kategori nilai tinggi sebanyak 31 orang dan untuk XI MIPA 2 kategori nilai rendah 1 orang, kategori nilai sedang 3 orang dan kategori nilai tinggi 31 orang. Kriteria efektivitas perancangan pembelajaran diperolehan presentasi ke tuntasan klasikal yaitu 89% yang menunjukkan bahwa sangat efektif. Rancangan pembelajaran E-learning berbasis Edmodo ini dapat dipergunakan sebagai media mendukung proses pembelajaran materi gelombang bunyi di SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Rancangan Pembelajaran, Gelombang bunyi, E-learning, Edmodo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 03:40
Last Modified: 21 May 2024 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57266

Actions (login required)

View Item
View Item