Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Cerita Anak Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pesan Cerita Dongeng Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Peureulak

Rahayu, Rina (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Cerita Anak Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pesan Cerita Dongeng Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Peureulak. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182030_Cover.pdf] Text
8216182030_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8216182030_Abstrak.pdf] Text
8216182030_Abstrak.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 8216182030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of 8216182030_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182030_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182030_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182030_Daftar_Isi.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 8216182030_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182030_Daftar_Tabel.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 8216182030_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182030_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8216182030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 8216182030_BAB_I.pdf] Text
8216182030_BAB_I.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of 8216182030_BAB_VI.pdf] Text
8216182030_BAB_VI.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8216182030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis kontekstual yang layak digunakan oleh siswa kelas III dan menganalisis apakah media pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual ini dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan yaitu model 4-D (four D models). Temuan hasil penelitian yakni: 1) Media pembelajaran yang dihasilkan, berupa: Media Interaktif Berbasis Kontekstual telah memenuhi kriteria baik/valid dari ahli bahasa, ahli penyajian dan ahli kelayakan isi ; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan Hasil uji Efektifitas diperoleh Gain-Score atau peningkataan hasil belajar dilihat dari pretest dan protest terdapat peningkatan skor rata-rata secara klasikal sebesar 0,56 dan dalam kategori baik. 3) Hasil Uji Praktisitas diperoleh jumlah skor uji coba dalam persen adalah 87 % termasuk kedalam kategori “sangat baik / sangat praktis”. Dengan demikian hasil penelitian uji coba termasuk kedalam kategori “sangat baik / sangat praktis”. Terdapat peningkatan keterampilan sosial siswa sebelum penggunaan multimedia interaktif berbasis kontekstual (pretes) dan setelah penggunaan multimedia interaktif berbasis kontekstual (post test) . Sebelum penggunaan komik persentasi 76% dalam keadaan baik sementara setelah treatmen dilakukan ada peningkatan 87%. Dengan adanya perbedaan hasil diatas antara pretest dan post test semakin mempertegas bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.6 Rah p
Keywords: Multimedia Interaktif, Model Pengembangan 4-D, Keterampilan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 03:28
Last Modified: 21 May 2024 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57257

Actions (login required)

View Item
View Item