Hamid, Muhammad Fauzan (2019) Studi Penggunaan Media Pembelajaran Livewire Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123131030 SAMPUL.pdf
Download (38kB)
2. NIM 5123131030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (142kB)
3. NIM 5123131030 ABSTRAK.pdf
Download (34kB)
4. NIM 5123131030 KATA PENGANTAR.pdf
Download (87kB)
5. NIM 5123131030 DAFTAR ISI.pdf
Download (60kB)
6. NIM 5123131030 DAFTAR TABEL.pdf
Download (39kB)
7. NIM 5123131030 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (32kB)
8. NIM 5123131030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (34kB)
9. NIM 5123131030 BAB I.pdf
Download (237kB)
13. NIM 5123131030 BAB V.pdf
Download (66kB)
14. NIM 5123131030 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (96kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan media pembelajaran Livewire pada siswa kelas X SMK berbeda secara signifikan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Swasta Imelda Medan pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TITL SMK Swasta Imelda Medan, dengan sampel kelas X-TITL-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X-TITL-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara mencari tingkat homogenitas tiap kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardsoni (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t satu arah kanan dengan dua sampel independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika kelas eksperimen yaitu 84,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,89. Hasil uji-t satu arah kanan juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 5,4005> 1,672. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan kelas siswa yang diajar menggunakn Livewire lebih baik dari hasil belajar kelas siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Livewire.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Livewire; Dasar Listrik dan Elektronika; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:17 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57249 |