Studi Penggunaan Media Pembelajaran Livewire Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMK

Hamid, Muhammad Fauzan (2019) Studi Penggunaan Media Pembelajaran Livewire Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5123131030 SAMPUL.pdf] Text
1. NIM 5123131030 SAMPUL.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 2. NIM 5123131030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM 5123131030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 3. NIM 5123131030 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM 5123131030 ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4. NIM 5123131030 KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM 5123131030 KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5. NIM 5123131030 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM 5123131030 DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 6. NIM 5123131030 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM 5123131030 DAFTAR TABEL.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 7. NIM 5123131030 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM 5123131030 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8. NIM 5123131030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM 5123131030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 9. NIM 5123131030 BAB I.pdf] Text
9. NIM 5123131030 BAB I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 13. NIM 5123131030 BAB V.pdf] Text
13. NIM 5123131030 BAB V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 14. NIM 5123131030 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM 5123131030 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan media pembelajaran Livewire pada siswa kelas X SMK berbeda secara signifikan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Swasta Imelda Medan pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TITL SMK Swasta Imelda Medan, dengan sampel kelas X-TITL-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X-TITL-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara mencari tingkat homogenitas tiap kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardsoni (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t satu arah kanan dengan dua sampel independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika kelas eksperimen yaitu 84,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,89. Hasil uji-t satu arah kanan juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 5,4005> 1,672. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan kelas siswa yang diajar menggunakn Livewire lebih baik dari hasil belajar kelas siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Livewire.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Livewire; Dasar Listrik dan Elektronika; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 May 2024 03:17
Last Modified: 21 May 2024 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57249

Actions (login required)

View Item
View Item