Situmorang, Dyan Novi Rezki (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games And Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Pada Siswa Kelas X Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161131013 COVER.pdf
Download (58kB)
2. NIM 5161131013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (652kB)
3. NIM 5161131013 ABSTRACK.pdf
Download (36kB)
4. NIM 5161131013 PREFACE.pdf
Download (134kB)
5. NIM 5161131013 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (93kB)
6. NIM 5161131013 TABLES.pdf
Download (35kB)
7. NIM 5161131013 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
8. NIM 5161131013 APPENDICES.pdf
Download (33kB)
9. NIM. 5161131013 CHAPTER 1.pdf
Download (354kB)
13. NIM. 5161131013 CHAPTER 5.pdf
Download (63kB)
14. NIM. 5161131013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (66kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK Swasta Imelda Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 28 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (47) dengan standar deviasi 8,50 dan skor rata-rata di kelas kontrol (44,45) dengan standar deviasi 7,75. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan model ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (88,78) dengan standar deviasi 4,06 dan kelas kontrol (81,55) dengan standar deviasi 4,17.
Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 6,40 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) memberikan hasil belajar pada pelajaran dasar dan pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model ekspositori pada siswa kelas X TITL SMK Swasta Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Dasar listrik; Elektronika |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:12 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57245 |