Hutahaean, Melisa Kristen (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI PRAKTIK KERJA LAPANGAN INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 LAGUBOTI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112143006 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 5112143006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM. 5112143006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 5112143006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 5112143006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 5112143006 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 5112143006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5112143006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 5112143006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM. 5112143006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 5112143006 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XII kompetensi Tata Busana dan Kria Tekstil SMK Negeri 1 Laguboti, (2) Untuk mengetahui prestasi praktik kerja lapangan industri siswa kelas XII kompetensi Tata Busana dan Kria Tekstil SMK Negeri 1 Laguboti, (3) Untuk mengetahui kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi Tata Busana dan Kria Tekstil siswa kelas XII SMK Negeri 1 Laguboti, (4) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajarterhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Laguboti, (5) Untuk mengetahui pengaruh prestasi praktik kerja lapangan industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Laguboti, (6) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan prestasi praktik kerja lapangan industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Laguboti.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex past factoyang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh motivasi belajar dan prestasi praktik kerja lapangan industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Lagubotidengan populasi berjumlah96 siswa. Jumlah sampel digunakan dengan proportionate stratified randomsampling sehingga sampel berjumlah 49 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified random sampling, jumlahsampel kelas XII Tata Busana 1 berjumlah 14 siswa, kelas XII Tata Busana 2 berjumlah 13 siswa, kelas XII Tata Busana 3 berjumlah 13 siswa dan kelas XII Kria Tekstil berjumlah 9 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data motivasi belajar (X1) dan kesiapan kerja menggunakan angket yang telah diuji instrumentkan yang berbentuk angket tertutup dengan jumlah masing-masing 40 item pertanyaan. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji kecenderungan, uji persyaratan analisis, pengujian hipotesis dengan korelasi parsial dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan motivasi belajarcenderung tinggi (95,92%) tingkat kecenderungan prestasi praktik kerja lapangan industri cenderung kompeten (40,81%) dan kesiapan kerja (55,1%).Untuk menguji hipotesis pertama yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajarterhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Laguboti dilakukan dengan uji korelasi parsial pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil perhitungan diperoleh dimana r xy> r tabel(0,549> 0,281), dan hipotesis kedua terdapat pengaruh prestasi praktik kerja lapangan industri dimana r xy> r tabel(0,315> 0,281),dan hipotesis ketiga terdapat pengaruh motivasi belajar dan prestasi praktik kerja lapangan industri terhadap kesiapan kerja dimana rhitung > rtabel (0,366 > 0,319), dan hasil Fhitung> Ftabel (13,96 > 3,19)dengan demikian hipotesis ketiga yang diajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 012 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Prestasi Praktik Kerja Lapangan Industri; Kesiapan Kerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 02:57 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5722 |