Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Islam Di Nusantara Kelas X Mas Al-Washliyah Marbau

Hastatik, - (2023) Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Islam Di Nusantara Kelas X Mas Al-Washliyah Marbau. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3193321016_Cover.pdf] Text
3193321016_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3193321016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193321016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 3193321016_Abstrak.pdf] Text
3193321016_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 3193321016_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193321016_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 3193321016_Daftar_Isi.pdf] Text
3193321016_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 3193321016_Daftar_Tabel.pdf] Text
3193321016_Daftar_Tabel.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 3193321016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193321016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 3193321016_BAB_I.pdf] Text
3193321016_BAB_I.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 3193321016_BAB_V.pdf] Text
3193321016_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3193321016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3193321016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kelayakan media Pop Up Book yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah, 2) keefektivan media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analysis, design, development, implementation, evaluation. Adapun subjek dari penelitian ini adalah para ahli yaitu ahli materi dan ahli media, serta siswa yang terdiri dari 25 siswa dari kelas X Agama dan 15 Siswa dari kelas X IPA di MAS Al-Washliyah Marbau. Penilaian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi oleh ahli materi dengan nilai persentase 94,28% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media mendapatkan nilai persentase 82,5% dengan katagori sangat layak. Serta uji coba siswa kelompok sedang dengan persentase 91,86 % dan pada kelompok besar dengan persentase 85.36 kedua hasil ini menunjukan media pop up book sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Hasil dari efektivitas penggunaan media pop up book pada pembelajaran sejarah dikatagorikan efektif berdasarkan hasil belajar sesudah penggunaan media yaitu dengan nilai efektivitas 77,25 dimana nilai ini telah berhasil melampaui batas nilai KKM yaitu 72. Dari hasil belajar ini juga menunjukkan sebanyak 23 siswa siswa yang lulus. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk dan efektivitas penggunaan produk pop up book dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk dijadikan media dalam pembelajaran pada materi kerajaan islam di Nusantara (Samudra Pasai dan Kesultan Aceh Darussalam) di kelas X Mas Al-Washliyah Marbau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pop up book; Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 21 May 2024 01:50
Last Modified: 21 May 2024 01:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57206

Actions (login required)

View Item
View Item