Hutabalian, Giopann (2023) Penguatan Nilai Toleransi Sebagai Instrumen Praksis Keadaban Warga Negara Melalui Mata Pelajaran PPKn (Studi Deskriptif Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri Kec. Percut Sei Tuan). Undergraduate thesis, UNIMED.
3193311003_Cover.pdf
Download (242kB)
3193311003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (578kB)
3193311003_Abstrak.pdf
Download (230kB)
3193311003_Kata_Pengantar.pdf
Download (385kB)
3193311003_Daftar_Isi.pdf
Download (281kB)
3193311003_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
3193311003_Daftar_Tabel.pdf
Download (227kB)
3193311003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (228kB)
3193311003_BAB_I.pdf
Download (765kB)
3193311003_BAB_V.pdf
Download (282kB)
3193311003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (585kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penguatan nilai toleransi sebagai instrumen praksis keadaban warga negara melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Menganalisis peran mata pelajaran PPKn dalam memperkuat nilai toleransi pada siswa sebagai instrument praksis keadaban warga negara di SMP Negeri Kec. Percut Sei Tuan. 2). Menemukan strategi penguatan nilai toleransi sebagai bentuk keadaban warga negara melalui mata pelajaran PPKn di SMP Negeri Kec. Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, serta 10 siswa kelas VIII dari setiap sekolah SMP negeri 1 dan 3 Percut Sei Tuan. Menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran mata pelajaran PPKn ialah membentuk warga negara yang cerdas dan baik (smart and good citizen) demokratis, bertanggung jawab, dan membangun kesadaran keberagaman bangsa. 2) Strategi penguatan nilai toleransi ialah dialog kritis, pengalaman langsung, kolaboratif, kooperatif, dan melakukan pembelajaran aktif, dengan mengunakan media pembelajaran visual (proyektor) dan buku cetak dengan metode pembelajaran ceramah atau bercerita kemudian di kolaborasi dengan kehidupan sehari-hari siswa, metode pembelajaran koratif dan diskusi kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai Toleransi; Keadaban; Warga Negara |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 21 May 2024 01:10 |
Last Modified: | 21 May 2024 01:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57199 |