Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 14 Medan

Nasution, Yahya Anzani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5132111013 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5132111013 COVER.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5132111013 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5132111013 APPROVAL SHEET.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5132111013 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5132111013 ABSTRACT.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5132111013 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5132111013 PREFACE.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5132111013 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5132111013 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5132111013 TABLE.pdf] Text
6. NIM. 5132111013 TABLE.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5132111013 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5132111013 ILLUSTRATION.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5132111013 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5132111013 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 9.NIM. 5132111013 CHAPTER I.pdf] Text
9.NIM. 5132111013 CHAPTER I.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5132111013 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5132111013 CHAPTER V.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5132111013 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5132111013 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang berbeda antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar gambar teknik. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X teknik gambar bangunan yang terdiri dari X TGB-B berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TGB-A berjumlah 22 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain Pre-Test dan Post-Test. Di kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu sering digunakan pada umumnya berupa modul, papan tulis dan sebagainya. Instument penelitian terlebih dahulu diuji cobakan kemudian dilanjutkan dengan perhitungan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda soal. Hasil dari uji coba tes hasil belajar gambar teknik dari 30 butir soal tes yang diuji cobakan diperoleh 24 butir soal valid dengan data koefisien reliabilitas 0,893 termasuk sangat tinggi. Untuk indeks kesukaran soal terdapat 26 butir soal yang sedang dan 4 butir soal yang mudah dan daya pembeda soal terdapat 5 butir soal sangat baik, 8 butir soal baik, 11 butir soal cukup, 6 butir soal jelek. Selanjutnya, sebelum analisis data terlebih dahulu di lakukan uji normalitas dan homogenitas dengan 24 butir soal tes yang memenuhi syarat. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t sampel independen rata-rata post-test pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,089 > 1,683), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar gambar teknik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X TGB di SMK Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar gambar Teknik, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI); model pembelajaran konvensional
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 May 2024 09:09
Last Modified: 20 May 2024 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57179

Actions (login required)

View Item
View Item