Hutasoit, Fhantito Cortis (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Prodi PTB FT Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153111023 COVER.pdf
Download (38kB)
2. NIM. 5153111023 APPROVAL SHEET.pdf
Download (265kB)
3. NIM. 5153111023 ABSTRACT.pdf
Download (139kB)
4. NIM. 5153111023 PREFACE.pdf
Download (234kB)
5. NIM. 5153111023 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (137kB)
6. NIM. 5153111023 TABLES.pdf
Download (110kB)
7. NIM. 5153111023 ILLUSTRATION.pdf
Download (109kB)
8. NIM. 5153111023 APPENDICES.pdf
Download (109kB)
9. NIM. 5153111023 CHAPTER I.pdf
Download (358kB)
13. NIM. 5153111023 CHAPTER V.pdf
Download (230kB)
14. NIM. 5153111023 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (138kB)
Abstract
Modul pembelajaran adalah salah satu bentuk buku atau bahan ajar yang dirangkum dan dikemas secara utuh dan sistematis dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan dan pengalaman belajar yang sudah direncanakan dengan tujuan untuk membantu peserta didik menguasai dan memperoleh materi ajar secara mandiri yang spesifik dan jelas. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangankan modul pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan untuk mempermudah mahasiswa untuk memahami pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Modul Pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan layak digunakan atau tidak. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Prosedur penelitian dan pengembangan dilakukan dengan model Borg and Gell yang dimodifikasi oleh Sugiyono dikenal dengan metode Research and Development. Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli question maka modul pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunkanan sebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penelitian kelayakan ahli materi memperoleh kategori kelayakan baik dengan rata rata nilai 2,69, hasil kelayakan dari ahli media memperoleh kategori kelayakan sangat baik dengan rata rata nilai 3,33, hasil kelayakan ahli question memperoleh kategori kelayakan sangat baik dengan rata rata nilai 3,31 dan kemudian berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan kepada 4 mahasiswa Prodi PTB diperoleh nilai rata rata 3,285 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian pengembangan modul pembelajaran sangat baik dilakukan dangen melihat nilai dari responden dan juga tanggapan positif yang mendukung modul pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Modul Pembelajaran; Prodi PTB FT Unimed |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:36 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57167 |