Tampubolon, Ranto Putra Ganda (2020) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151111026 COVER.pdf
Download (272kB)
2. NIM. 5151111026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5151111026 ABSTRACT.pdf
Download (334kB)
4. NIM. 5151111026 PREFACE.pdf
Download (198kB)
5. NIM. 5151111026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (125kB)
6. NIM. 5151111026 TABLES.pdf
Download (34kB)
7. NIM. 5151111026 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
8. NIM. 5151111026 APPENDICES.pdf
Download (34kB)
9. NIM. 5152111024 CHAPTER I.pdf
Download (471kB)
13. NIM. 5152111024 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
14. NIM. 5152111024 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (63kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak melalui penerapan pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas XI kompetensi keahlian desain pemodelan informasi dan bangunan yang terdiri dari 32 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah belajar siswa mampu mencapai nilai > 75 %. Pada post test sikus I, hasil belajar yang diperoleh yaitu 7 siswa dalam kategori tidak kompeten dengan persentase 21,875%, 9 kategori Cukup Kompeten dengan persentase 28,125%, 9 orang kategori Kompeten dengan persentase 28,125%, dan terdapat 7 orang dalam kategori Sangat Kompeten dengan persentase 21,875%. Sementara pada post test sikus II, hasil belajar yang diperoleh yaitu 5 orang siswa tergolong dalam kategori Cukup Kompeten dengan persentase 15,625%, 17 kategori Kompeten dengan persentase 53,125%, dan 10 orang kategori Sangat Kompeten dengan persentase 31,25%, dan tidak terdapat lagi siswa dalam kategori Kurang Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 81,31 dengan persentase kelulusan 78,125 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,06 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 2 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Tutor Sebaya; Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:12 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57161 |