Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2019/2020

Samudera, Bayu (2020) Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133122003 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5133122003 COVER.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5133122003 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5133122003 APPROVAL SHEET.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5133122003 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5133122003 ABSTRACT.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5133122003 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5133122003 PREFACE.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5133122003 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5133122003 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5133122003 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5133122003 TABLES.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5133122003 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5133122003 ILLUSTRATION.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8. NIM 5133122003 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5133122003 APPENDICES.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5133122003 CHAPTER 1.pdf] Text
9. NIM. 5133122003 CHAPTER 1.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5133122003 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5133122003 CHAPTER V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5133122003 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5133122003 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perbedaan model pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif kompetensi dasar dasar-dasar elektronika siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Pulau Rakyat T.A. 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Pulau Rakyat dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 26 soal dengan 5 alternatif pilihan jawaban. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan Fischer. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji t, diperoleh hasil pada ranah kognitif thitung = 4,33, sedangkan nilai ttabel = 2,00 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning; Problem Based Learning; Teknologi Dasar Otomotif; Dasar-Dasar Elektronika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 May 2024 06:37
Last Modified: 20 May 2024 06:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57151

Actions (login required)

View Item
View Item