Harahap, Ervina Fauziah (2023) Pemanfaatan Candi Bahal Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.
3181121023_Cover.pdf
Download (73kB)
3181121023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (229kB)
3181121023_Abstrak.pdf
Download (202kB)
3181121023_Daftar_Isi.pdf
Download (118kB)
3181121023_Daftar_Tabel.pdf
Download (46kB)
3181121023_BAB_I.pdf
Download (602kB)
3181121023_BAB_V.pdf
Download (298kB)
3181121023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
Abstract
Siswa harus mampu untuk memahami materi sejarah dengan mengenal bukti peninggalan sejarah yang masih ada yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar sejarah seperti pemanfaatan Candi Bahal. Penelitian ini meneliti pemanfaatan Candi Bahal sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Candi Bahal sebagai sumber belajar di SMAN Kabupaten Padang Lawas Utara, proses belajar sejarah sebelum memanfaatkan Candi Bahal sebagai sumber belajar dan keberadaan Situs Candi Bahal di Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan( Library Research) dan penelitian lapanngan( Field Research) dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan di SMAN1 Padang Bolak Julu dan SMAN 2 Padang Bolak. Wawancara dilakukan kepada guru sejarah SMAN1 Padang Bolak Julu dan SMAN2 Padang Bolak serta Dinas Pariwisata Padang Lawas Utara. Serta menyebarkan angket kepada siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Padang Bolak Julu dan SMAN 2 Padang Bolak. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka hasil yang diperoleh adalah menunjukkan bahwa pemanfaatan Candi Bahal sebagai sumber belajar sejarah sangatlah bermanfaat dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang akan diajarkan sehingga siswa antusias dalam belajar sejarah. Menumbuhkan semangat dan kesadaran belajar sejarah siswa. Memberikan warna baru dalam proses belajar yang terkadang tidak memanfaatkan media sebagai sumber belajar. Dengan menjadikanCandi Bahal memberikan hal baru tidak hanya sebatas memberikan materi tetapi memberikan secara langsung contoh peninggalan sejarah yang ada. Dengan memanfaatkan Candi Bahal sebagai sumber belajar sejarah siswa dapat mengetahui sejarah Candi Bahal sehingga menumbuhkan rasa kecintaan terhadapaKabupaten Padang Lawas Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Candi Bahal; Pemanfaatan; Pembelajaran sejarah; Sumber Belajar |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CC Archaeology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 May 2024 04:26 |
Last Modified: | 20 May 2024 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57137 |