Harahap, Hikma Wardani (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111143004 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 5111143004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
3. NIM. 5111143004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 5111143004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 5111143004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5111143004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5111143004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5111143004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5111143004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
13. NIM. 5111143004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 5111143004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini berdasarkan hasil observasi yaitu kurang maksimalnya hasil belajar siswa serta kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran di kelas X Tata busana SMK Negeri 1 Stabat. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar pengetahuan tekstil siswa kelas X Tata busana.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Stabat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat T.P 2015/2016 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefsien korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan perlakuan dengan menggunakan media animasi di peroleh rata-rata skor 28,92 dan varians 5,47 dengan skor tertinggi 35 dan skor terendah 14 dengan jumlah sampel 36 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 86% tergolong tinggi dan 14% tergolong kurang. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan media gambar terdapat rata-rata skor 23,4 dan varians 5,54 dengan skor tertinggi 32 dan skor terendah 17 dengan jumlah sampel 35 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 43% tergolong tinggi dan 57% tergolong kurang. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat thitung yaitu 9,85 dengan ttabel yaitu 1,997, dapat terlihat bahwa thitung> ttabel atau 9,85>1,997 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang posistif dan signifikan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar pengetahuan tekstil siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 BSN 003 |
Keywords: | enggunaan Media Animasi; Hasil Belajar Siswa; Pengetahuan Tekstil |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 01:31 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5712 |