TOLERANSI AMBIGUITAS DALAM PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS BAGI PELAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN

Silalahi, Dumaris E. (2023) TOLERANSI AMBIGUITAS DALAM PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS BAGI PELAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176116003 COVER.pdf] Text
1. NIM. 8176116003 COVER.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 8. NIM. 8176116003 APPROVAL SHEET.pdf] Text
8. NIM. 8176116003 APPROVAL SHEET.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 2. NIM. 8176116003 ABSTRACT.pdf] Text
2. NIM. 8176116003 ABSTRACT.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 3. NIM. 8176116003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf] Text
3. NIM. 8176116003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4. NIM. 8176116003 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
4. NIM. 8176116003 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 5. NIM. 8176116003 LIST OF TABLES.pdf] Text
5. NIM. 8176116003 LIST OF TABLES.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 6. NIM. 8176116003 LIST OF FIGURES.pdf] Text
6. NIM. 8176116003 LIST OF FIGURES.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 7. NIM. 8176116003 LIST OF APPENDIXES.pdf] Text
7. NIM. 8176116003 LIST OF APPENDIXES.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 9. NIM. 8176116003 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 8176116003 CHAPTER I.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of 13. NIM. 8176116003 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 8176116003 CHAPTER V.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 14. NIM. 8176116003 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 8176116003 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (584kB)

Abstract

Tujuan penelitian in untuk menyelidiki toleransi ambiguitas (TA) dalam pemahaman bahasa inggris terhadap pelajar bahasa inggris sebagai bahasa asing di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen. Subjek penelitian ini terdiri dari 166 pelajar pada semester enam (6) tahun akademik 2021/2022. Data diperoleh melalui questioner ISLTAS (Instrument Second Language Tolerance of Ambiguity Scale). Kemudian pemahaman bahasa inggris subjek penelitian ini diperoleh melalui test bahasa inggris yakni TOEFL (Test of
English as Foreign Language). Data penelitian ini dianalisa dengan menerapkan pendekatan penelitian qualitative. Toleransi ambiguitas subjek diuraikan melalui empat (4) temuan penelitian yaitu (1) level toleransi ambiguitas subjek adalah tinggi (high), (2) kefisien korelasi antara toleransi ambiguitas dan pemahaman bahasa inggris adalah rendah yang berarti torelansi ambiguitas memiliki pengaruh
sedikit atau lemah terhadap pemahaman bahasa Inggris subjek) (3) cara subjek menerapkan TA dalam memahami bahasa Inggris dengan berdiskusi dan ngegoogle. Mereka berdiskusi ketika ada momen kehilangan informasi saat belajar bahasa inggris dalam kelas. Ngegoogle dilakukan untuk mencari informasi
yang relevan, menerjemah bahasa inggris kebahasa mereka sendiri, mencek grammar dan pengucapan bahasa inggris yang baik dan benar melalui kamus google, dan (4) alasan mereka menerapkan toleransi ambiguitas karena mereka
menyukai hal demikian yang membuat mereka memiliki rasa penasaran, termotivasi, rasa ingin tahu, tertantang, dan sadar untuk belajar lebih.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 428.71 Sil p
Keywords: Toleransi Ambiguitas, Pemahaman Bahasa Inggris, Pelajar Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PE English > PE1700 Dialects. Provincialisms, etc.
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 May 2024 03:25
Last Modified: 20 May 2024 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57100

Actions (login required)

View Item
View Item