Ariyati, Fitri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Team Games Toirnament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Percut Sei Tuan 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163331010 COVER.pdf
Download (46kB)
2. NIM. 5163331010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (199kB)
3. NIM. 5163331010 ABSTRAK.pdf
Download (34kB)
4. NIM 5163331010 PREFACE.pdf
Download (156kB)
5. NIM. 5163331010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (60kB)
6. NIM. 5163331010 TABLES.pdf
Download (99kB)
7. NIM. 5163331010 ILLUSTRATION.pdf
Download (31kB)
8. NIM. 5163331010 APPENDICES.pdf
Download (99kB)
9. NIM. 5163331010 CHAPTER I.pdf
Download (276kB)
13. NIM. 5163331010 CHAPTER V.pdf
Download (196kB)
14. NIM. 5163331010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (59kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament memberikan hasil belajar yang berbeda dengan model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Percut Sei Tuan pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Sampel yang dipilih adalah kelas XTITL1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Teams Games Tournament yang berjumlah 34 orang dan X TITL2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Inquiry yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament adalah 82.35 dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry 73.08. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament adalah 84.55 dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry adalah 80.14. Hasil uji persyaratan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t satu pihak untuk hasil belajar kognitif diperoleh thitung > ttabel yaitu (4,33> 1.668), artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronikayang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.Hasil uji t satu pihak untuk hasil belajar psikomotorik diperoleh thitung > ttabel yaitu (2.45 > 1.668) artinya ada perbedaan signifikan hasil praktikum dasar listrik dan elektronika yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teams Games Tournament; Inquiry; hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:01 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57093 |