Afandi, Riski (2019) Perbedaan Hasil Pembelajaran Metode Kooperatif Tipe Teams Games And Tournament (Tgt) Dengan Metode Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat Pada Siswa kelas XI Program Teknik Instalasi pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 5121131009 COVER.pdf
Download (55kB)
2 NIM. 5121131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (687kB)
3 NIM. 5121131009 ABSTRAK.pdf
Download (35kB)
4 NIM. 5121131009 KATA PENGANTAR.pdf
Download (113kB)
5 NIM. 5121131009 DAFTAR ISI.pdf
Download (261kB)
6 NIM. 5121131009 DAFTAR TABEL.pdf
Download (33kB)
7 NIM. 5121131009 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (32kB)
8 NIM. 5121131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
9 NIM. 5121131009 BAB I.pdf
Download (340kB)
13 NIM. 5121131009 BAB V.pdf
Download (139kB)
14 NIM. 5121131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran metode pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan pembelajaran ekpositori terhadap hasil belajar Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat Pada Siswa kelas XI Program Teknik Instalasi pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL)SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X1 TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TIPTL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa pada kelas eksprimen dan 27 siswa di kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 40 butir. Sebelumnya masing-masing kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (88,22) dengan standar deviasi 5,81 dan kelas kontrol (67,22) dengan standar deviasi 11,90. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 5,944 dan ttabel = 1,674. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) memberikan hasil belajar pada pelajaran Dasar dan pengukuran listrik yang lebih tinggi dari pada pembelajaran menggunakan pembelajaran ekpositori pada siswa kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Teams Games And Tournament (TGT); Pemelajaran Ekspositori |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:46 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57082 |