Saragih, Nora Deselia (2022) Pengembangan LKPD IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Zat Tunggal dan Campuran Kelas V SDN 158468 Lumut 5. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8186182002 COVER.pdf
Download (68kB)
2. NIM.8186182002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (669kB)
3. NIM.8186182002 ABSTRACT.pdf
Download (243kB)
4. NIM.8186182002 PREFACE.pdf
Download (382kB)
5. NIM.8186182002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (270kB)
6. NIM.8186182002 TABLES.pdf
Download (213kB)
7. NIM.8186182002 ILLUSTRATION.pdf
Download (210kB)
8. NIM.8186182002 APPENDICES.pdf
Download (211kB)
9. NIM.8186182002 CHAPTER I.pdf
Download (783kB)
13. NIM.8186182002 CHAPTER V.pdf
Download (275kB)
14. NIM.8186182002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (575kB)
Abstract
Penelitian ini berlatarbelakang pada penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan proses pembelajaran yang belum menumbuhkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA dan juga untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKPD IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangangkan menurut penilaian para ahli, guru wali kelas, dan peserta didik. Alasan dilakukan penelitian ini karena hasil belajar IPA masih rendah dan pembelajaran IPA cenderung hanya menggunakan bahan ajar cetak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan melalui model 4D oleh Thiagarajan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan validasi ahli materi dengan rata-rata skor 3,65 dan validasi ahli media dengan rata-rata skor 3,78 maka LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik dan dinyatakan sangat valid serta layak untuk digunakan. (2) LKPD IPA berbasis Keterampilan Proses Sains dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan asumsi nilai IPA siswa lebih tinggi saat menggunakan LKPD IPA. Sedangkan untuk keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dengan persentase 72% pada ujicoba I dan 88% pada ujicoba II. (3) Berdasarkan data ketuntasan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan LKPD IPA diperoleh rata-rata nilai 60,72 sedangkan setelah menggunakan LKPD diperoleh data ketuntasan berpikir kritis siswa rata-rata 81,04 dengan gain score 0,52 masuk kedalam kategori sedang. Berdasarkan data tersebut, LKPD IPA berbasis keterampilan proses sains dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. (4) LKPD IPA berbasis keterampilan proses sains dikategorikan praktis karena hasil respon siswa dari ujicoba I dan uji coba 2 mengalami kenaikan yaitu dari 76,90% menjadi 86,44%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sar p |
Keywords: | LKPD IPA, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:38 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57076 |