PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIFDAN KEWIRAUSAHAAN SISWAKELAS XI BDP DI SMK NEGERI 6MEDAN

Pardosi, Risma Amelia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIFDAN KEWIRAUSAHAAN SISWAKELAS XI BDP DI SMK NEGERI 6MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193143016_Cover.pdf] Text
7193143016_Cover.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 7193143016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193143016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 7193143016_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193143016_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193143016_Abstrak.pdf] Text
7193143016_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 7193143016_Daftar_Isi.pdf] Text
7193143016_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 7193143016_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193143016_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 7193143016_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193143016_Daftar_Gambar.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 7193143016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193143016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 7193143016_BAB_I.pdf] Text
7193143016_BAB_I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 7193143016_BAB_V.pdf] Text
7193143016_BAB_V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 7193143016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193143016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Problem Based Learning. Jenis Penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan desain The matching Pre-test post-test only. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil Belajar Siswa kelas XI Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 62 orang siswa. Pengumpulan data dalam peneltian ini dilakukan dengan memberikan test kepada siswa kelas XI Jurusan Bisnis daring Dan Pemasaran pada materi Medai Promosi.
Teknik Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah uji Paired test dan uji Independent Test. Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa yang menerima perlakuan pembelajran Problem Based Learnng memperoleh peningkatan Hasil Belajar dengan rata-rata sebesar 87,75. Selain daripada itu. Hasil yang diperoleh olehkelas control juga berbeda dengan perbandingan rata 87,75>78,84. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan pembelajaran berbasis problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar yang dimiliki. Kemudian didukung oleh data yang diperoleh SPSS Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh < 0,05 (0,00<0,05). Selain itu, hal ini juga dibuktikan dengan perolehan nilai thitung > ttabel (4,509>1,671). Sehingga dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 May 2024 02:38
Last Modified: 24 May 2024 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57052

Actions (login required)

View Item
View Item