Pardosi, Risma Amelia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIFDAN KEWIRAUSAHAAN SISWAKELAS XI BDP DI SMK NEGERI 6MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193143016_Cover.pdf
Download (155kB)
7193143016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (585kB)
7193143016_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7193143016_Abstrak.pdf
Download (65kB)
7193143016_Daftar_Isi.pdf
Download (211kB)
7193143016_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
7193143016_Daftar_Gambar.pdf
Download (78kB)
7193143016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
7193143016_BAB_I.pdf
Download (413kB)
7193143016_BAB_V.pdf
Download (65kB)
7193143016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (65kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Problem Based Learning. Jenis Penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan desain The matching Pre-test post-test only. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil Belajar Siswa kelas XI Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 62 orang siswa. Pengumpulan data dalam peneltian ini dilakukan dengan memberikan test kepada siswa kelas XI Jurusan Bisnis daring Dan Pemasaran pada materi Medai Promosi.
Teknik Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah uji Paired test dan uji Independent Test. Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa yang menerima perlakuan pembelajran Problem Based Learnng memperoleh peningkatan Hasil Belajar dengan rata-rata sebesar 87,75. Selain daripada itu. Hasil yang diperoleh olehkelas control juga berbeda dengan perbandingan rata 87,75>78,84. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan pembelajaran berbasis problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar yang dimiliki. Kemudian didukung oleh data yang diperoleh SPSS Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh < 0,05 (0,00<0,05). Selain itu, hal ini juga dibuktikan dengan perolehan nilai thitung > ttabel (4,509>1,671). Sehingga dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Hasil Belajar. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 May 2024 02:38 |
Last Modified: | 24 May 2024 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57052 |