Sari, Rupina Malem (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS RME BERBANTUAN SOFTWARE ISPRING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4172111043_Cover.pdf
Download (124kB)
4172111043_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (685kB)
4172111043_Kata_Pengantar.pdf
Download (887kB)
4172111043_Abstrak.pdf
Download (831kB)
4172111043_Daftar_Isi.pdf
Download (122kB)
4172111043_Daftar_Tabel.pdf
Download (384kB)
4172111043_Daftar_Gambar.pdf
Download (379kB)
4172111043_Daftar_Lampiran.pdf
Download (360kB)
4172111043_BAB_I.pdf
Download (5MB)
4172111043_BAB_VI.pdf
Download (1MB)
4172111043_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika interaktif berbasis RME berbantuan software i-Spring dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Luther di modifikasi Oleh Sutopo yang memiliki enam tahapan dalam proses pengembangan. Subjek penelitian ini adalah sekelompok siswa kelas VIII SMP Swasta ST Thomas 3 Medan semester genap tahun ajaran 202Y2023 berjumlah 27 siswa_ Hasil penelitian memenuhi tujuan dari penelitian ini yaitu menjabarkan proses pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan serta memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan persentase rata-rata hasil uji validitas ahli materi sebesar dan ahli media sebesar 88% masuk kedalam kategori sangat baik dan sangat valid_ Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan penilaian ahli atau praktisi (guru) yaitu masuk dalam kategori baik dan berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dalam aspek keterlaksanaan sintaks pembelajaran, sistem sosial dan prinsip reaksi masuk kedalam kategori sangat baik yaitu dengan nilai 3,25 artinya media pernbelajaran terlaksana sangat baik. Media petnbelajaran dinyatakan efektif berdasarkan respon siswa sebesar 80,4% masuk kategori sangat kuat, penggunaan waktu pembelajaran yang memiliki skor rerata 4,3 masuk kategori tinggi, serta berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran ditinjau dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswd menghasilkan skor N- Gain sebesar 0,7 1 masuk kedalam kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran , Model Luther Dimodifikasi Sutopo, RME, Software l-Spring, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 May 2024 05:29 |
Last Modified: | 18 May 2024 05:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57011 |