PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS RME BERBANTUAN SOFTWARE ISPRING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Sari, Rupina Malem (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS RME BERBANTUAN SOFTWARE ISPRING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172111043_Cover.pdf] Text
4172111043_Cover.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4172111043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of 4172111043_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111043_Kata_Pengantar.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of 4172111043_Abstrak.pdf] Text
4172111043_Abstrak.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of 4172111043_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111043_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4172111043_Daftar_Tabel.pdf] Text
4172111043_Daftar_Tabel.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 4172111043_Daftar_Gambar.pdf] Text
4172111043_Daftar_Gambar.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 4172111043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4172111043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 4172111043_BAB_I.pdf] Text
4172111043_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4172111043_BAB_VI.pdf] Text
4172111043_BAB_VI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4172111043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika interaktif berbasis RME berbantuan software i-Spring dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Luther di modifikasi Oleh Sutopo yang memiliki enam tahapan dalam proses pengembangan. Subjek penelitian ini adalah sekelompok siswa kelas VIII SMP Swasta ST Thomas 3 Medan semester genap tahun ajaran 202Y2023 berjumlah 27 siswa_ Hasil penelitian memenuhi tujuan dari penelitian ini yaitu menjabarkan proses pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan serta memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan persentase rata-rata hasil uji validitas ahli materi sebesar dan ahli media sebesar 88% masuk kedalam kategori sangat baik dan sangat valid_ Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan penilaian ahli atau praktisi (guru) yaitu masuk dalam kategori baik dan berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dalam aspek keterlaksanaan sintaks pembelajaran, sistem sosial dan prinsip reaksi masuk kedalam kategori sangat baik yaitu dengan nilai 3,25 artinya media pernbelajaran terlaksana sangat baik. Media petnbelajaran dinyatakan efektif berdasarkan respon siswa sebesar 80,4% masuk kategori sangat kuat, penggunaan waktu pembelajaran yang memiliki skor rerata 4,3 masuk kategori tinggi, serta berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran ditinjau dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswd menghasilkan skor N- Gain sebesar 0,7 1 masuk kedalam kategori tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran , Model Luther Dimodifikasi Sutopo, RME, Software l-Spring, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 05:29
Last Modified: 18 May 2024 05:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57011

Actions (login required)

View Item
View Item