Agustian, Ruslan (2020) Hubugan Antara Kemampuan Pemahaman Matematika Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X DPIB (Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5142111008 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM. 5142111008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (171kB)
3. NIM. 5 5142111008 ABSTRAK.pdf
Download (172kB)
4. NIM. 5 5142111008 PREFACE.pdf
Download (187kB)
5. NIM. 5 5142111008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (190kB)
6. NIM. 5 5142111008 TABLES.pdf
Download (202kB)
7. NIM. 5 5142111008 ILLUSTRATION.pdf
Download (109kB)
8. NIM. 5 5142111008 APPENDICES.pdf
Download (256kB)
9. NIM. 5142111008 CHAPTER I.pdf
Download (545kB)
13. NIM. 5142111008 CHAPTER V.pdf
Download (154kB)
14. NIM. 5142111008 BIBIOGRAPHY.pdf
Download (324kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan yang signifikan Kemampuan Pemahaman Matematika dengan hasil belajar Mekanika Teknik pada siswa kelas X DPIB Semester I SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, 2) Hubungan yang signifikan Disiplin Belajar dengan hasil belajar Mekanika Teknik pada siswa kelas X DPIB Semester I SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, 3) Hubungan yang signifikan antara Kemampuan Pemahaman Matematika dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Mekanika Teknik pada siswa kelas X DPIB Semester I SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) terdapat Hubungan Kemampuan Pemahaman Matematika dengan Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi 〖rx〗_1 y = 0,748 dan t_hitung = 6,152 dan dari korelasi parsial diperoleh 〖rx〗_1 y.x_2 = 0,740 dan t_hitung = 5,903. 2) terdapat hubungan Disiplin Belajar dengan hasil belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi 〖rx〗_2 y = 0,678 dan t_hitung = 5,033 dan dari korelasi parsial diperoleh 〖rx〗_2 y.x_1 = 0,667 dan t_hitung = 4,803. 3) terdapat hubungan antara Kemampuan Pemahaman Matematika dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi ganda diperoleh R_(xy(1.2)) = 0,869 dan uji keberartian korelasi dengan menggunkan Uji-F di peroleh F_hitung = 44,383. Dengan demikian Kemampuan Pemahaman Matematika dan Disiplin Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik.
Besar sumbangan efektif dari Kemampuan Pemahaman Matematika terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik adalah sebesar 43,391% dan sumbangan efektif dari Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik adalah sebesar 31,983%, dengan berarti sumbangan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik adalah sebesar 75,375%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematika; Disiplin Belajar; Hasil Belajar Mekanika Teknik |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:50 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56988 |