Matondang, Bobby Indra Martua (2020) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Pada Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153111011 COVER.pdf
Download (39kB)
2. NIM. 5153111011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (284kB)
3. NIM. 5153111011 ABSTRACT.pdf
Download (210kB)
4. NIM. 5153111011 PREFACE.pdf
Download (227kB)
5. NIM. 5153111011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (113kB)
6. NIM. 5153111011 TABLES.pdf
Download (33kB)
7. NIM. 5153111011 ILLUSTRATION.pdf
Download (31kB)
8. NIM. 5153111011 APPENDICES.pdf
Download (128kB)
9. NIM. 5153111011 CHAPTER I.pdf
Download (398kB)
13. NIM. 5153111011 CHAPTER V.pdf
Download (193kB)
14. NIM. 5153111011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (61kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, semester 2 tahun ajaran 2019/2020 kelas X DPIB yang terdiri dari 33 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa 100% mampu mencapai nilai ≥ 75. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 30 soal diperoleh 22 soal yang valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 13 soal yang mudah, 8 soal yang sedang dan 1 soal yang sulit, uji daya beda soal 2 soal kategori jelek 14 soal kategori sedang 6 soal kategori baik. Sedangkan pada siklus II, dari 30 soal diperoleh 21 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran didapat didapat 10 soal yang mudah 10 soal yang sedang dan 1 soal sulit. Uji daya soal 2 soal kategori jelek 12 soal kategori cukup 7 soal kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,667 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,18 melalui uji T sebesar 10,75324 terjadi peningkatan signifikan sebesar 9,9247%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Problem Based Learning (PBL); Mekanika Teknik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:45 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56987 |