Andayuni, Rizka Isnaini Putri (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4191121022_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Cover.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 4191121022_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 4191121022_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Abstrak.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 4191121022_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Kata_Pengantar.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 4191121022_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Daftar_Isi.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of 4191121022_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Daftar_Tabel.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of 4191121022_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 4191121022_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of 4191121022_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_BAB_I.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 4191121022_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_BAB_V.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 4191121022_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (191kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian ini terdiri dari 7 kelas IPA dan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar dalam bentuk essai sebanyak 8 soal yang telah di uji validitasnya dan instrumen observasi aktivitas belajar siswa. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 30,39 dan 29,4. Kedua kelas memiliki nilai pretest yang berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 75,3 dan 69,26. Kedua kelas memiliki nilai posttset yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji effect size dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang tinggi dari model PBL berbantuan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls serta nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ketiga mencapai 84% dan berada dalam kategori aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:07 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56973 |