PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Andayuni, Rizka Isnaini Putri (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121022_Cover.pdf] Text
4191121022_Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4191121022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4191121022_Abstrak.pdf] Text
4191121022_Abstrak.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4191121022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121022_Kata_Pengantar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4191121022_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121022_Daftar_Isi.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4191121022_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121022_Daftar_Tabel.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4191121022_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121022_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4191121022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4191121022_BAB_I.pdf] Text
4191121022_BAB_I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4191121022_BAB_V.pdf] Text
4191121022_BAB_V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4191121022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian ini terdiri dari 7 kelas IPA dan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar dalam bentuk essai sebanyak 8 soal yang telah di uji validitasnya dan instrumen observasi aktivitas belajar siswa. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 30,39 dan 29,4. Kedua kelas memiliki nilai pretest yang berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 75,3 dan 69,26. Kedua kelas memiliki nilai posttset yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji effect size dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang tinggi dari model PBL berbantuan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls serta nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ketiga mencapai 84% dan berada dalam kategori aktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 17 May 2024 08:07
Last Modified: 17 May 2024 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56973

Actions (login required)

View Item
View Item