Sitompul, Desi Rentaria (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK N 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153311009 COVER.pdf
Download (48kB)
2. NIM 5153311009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (884kB)
3. NIM 5153311009 ABSTRACT.pdf
Download (89kB)
4. NIM 5153311009 PREFACE.pdf
Download (201kB)
5. NIM 5153311009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (118kB)
6. NIM 5153311009 TABLES.pdf
Download (57kB)
7. NIM 55153311009 ILLUSTRATION.pdf
Download (54kB)
8. NIM 5153311009 APPENDICES.pdf
Download (56kB)
9. NIM 5153311009 CHAPTER I.pdf
Download (505kB)
13. NIM 5153311009 CHAPTER V.pdf
Download (120kB)
14. NIM 5153311009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (229kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan nilai belajar sikap mata pelajaran DDKBTPT pada siswa kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas X bisnis konstruksi dan properti diantaranya karena guru hanya menyampaikan materi secara verbal tanpa ada hubungan interaktif dari siswa, selanjutnya media belajar yang dipakai juga monoton, dimana media itu tidak mampu memberikan informasi up to date dan langsung dikelola oleh siswa itu sendiri, lalu pembelajaran diisi dengan ceramah, sementara siswa dipaksa menerima dan menghapal sehingga membuat siswa menjadi jenuh untuk belajar. Cara menanggulangi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkakan hasil belajar. Model pembelajaran yang inovatif adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), terdiri dari 5 Langkah yaitu: 1) Penyajian kelas (Class Presentation), 2) Belajar dalam kelompok (Teamas), 3) Permainan (Game), 4) Turnament atau lomba, 5) Penghargaan kelompok (Team Recognition). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 30 orang, Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda dan lembar observasi penilaian sikap. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata sebesar 74,33 persentase kelulusan 66,67% meningkat pada siklis II dengan nilai rata-rata 88,93 persentase kelulusan 100%. Dan hasil lembar Observasi penilaian sikap siklus I nilai rata-rata 86,67 , siklus II nilai rata-rata 85,82 dengan persentase kelulusan 100%. Hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar sikap pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan 13,91% dan 14,6%. Disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament; Hasil Belajar Sikap Dan Hasil Belajar Pengetahuan Pada Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA703 Engineering geology. Rock mechanics. Soil mechanics. Underground construction T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:00 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56953 |