-, Benny (2019) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5142111002. COVER.Pdf.pdf
Download (54kB)
2. NIM 5142111002. APROVAL SHEET.pdf
Download (654kB)
3. NIM 5142111002. ABSTRACT.Pdf.pdf
Download (306kB)
4. NIM. 5142111002. PREFACE. Pdf.pdf
Download (203kB)
4. NIM. 5142111002. TABLE OF CONTENT. Pdf.pdf
Download (69kB)
6. NIM. 5142111002. TABLE. Pdf.pdf
Download (175kB)
7. NIM. 5142111002. ILLUSTRATION. Pdf.pdf
Download (173kB)
8. NIM. 5142111002. APPENDICTS. Pdf.pdf
Download (283kB)
9. NIM 5142111002. CHAPTER I.pdf
Download (527kB)
13. NIM 5142111002. CHAPTER V.pdf
Download (143kB)
14. NIM 5142111002. BIBLIOGRAPHY. Pdf.pdf
Download (328kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Pemecahan Masalah Secara Kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Siklus ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar praktek yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS). Dari hasil penelitian pada siklus I Diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa 60,60% (20 orang), Dengan Rata-rata Nilai 74,75. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa 100% (33 orang), dengan Rata-rata Nilai 86,45, dapat dilihat hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 15,65 %. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 5,44 > 1,63 . Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terima Ha yang berarti adanya peningkatan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak.Dengan demikian Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak pada siswa kelas kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Menggambar Dengan Perangkat Lunak, Penelitian Tindakan Kelas; Pemecahan Masalah Secara Kreatif |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:24 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56950 |