Pengembangan Media Monopoli Tematik Tema 8 Subtema 1 Di Kelas IV SD Negeri 167647 Tebing Tinggi T.A 2022/2023

Sitanggang, Karenina (2023) Pengembangan Media Monopoli Tematik Tema 8 Subtema 1 Di Kelas IV SD Negeri 167647 Tebing Tinggi T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311092_Cover.pdf] Text
1193311092_Cover.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311092_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 1193311092_Abstrak.pdf] Text
1193311092_Abstrak.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311092_Kata_Pengantar.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311092_Daftar_Isi.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311092_Daftar_Gambar.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311092_Daftar_Tabel.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311092_Daftar_Lampiran.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_BAB_I.pdf] Text
1193311092_BAB_I.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_BAB_V.pdf] Text
1193311092_BAB_V.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311092_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311092_Daftar_Pustaka.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektivitas media monopoli tematik tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas IV SD Negeri 167647 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 167647 Tebing Tinggi yang berjumlah 20 orang. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, angket validasi ahli materi dan ahli desain, angket praktisi pendidikan dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi mendapatkan skor 51 dengan persentase 85% berada pada kualifikasi “Sangat Layak”, uji validasi media mendapatkan skor 69 dengan persentase 92% berada pada kualifikasi “Sangat Layak”. Kepraktisan media pembelajaran yang divalidasi oleh praktisi pendidikan (guru kelas) mendapatkan skor 65 dengan persentase 93% berada pada kualifikasi “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil keefektifan media monopoli dapat diketahui bahwa sebelum dilakukan uji coba produk menggunakan pre-test rata-rata hasil belajar siswa 48,75 dan setelah dilakukan uji coba produk menggunakan post-test meningkat menjadi 83%. Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa media monopoli tematik tema 8 subtema 1 sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: alat permainan edukatif; monopoli tematik; kelas IV sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 17 May 2024 02:44
Last Modified: 17 May 2024 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56932

Actions (login required)

View Item
View Item