Simbolon, Herdina M. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Hasil Belajar Kelainan – kelainan Kulit Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153344012 COVER.pdf
Download (118kB)
2. NIM. 5153344012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (262kB)
3. NIM. 5153344012 ABSTRACT.pdf
Download (239kB)
4. NIM. 5153344012 PREFACE.pdf
Download (209kB)
5. NIM. 5153344012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (137kB)
6. NIM. 5153344012 TABLES.pdf
Download (175kB)
7. NIM. 5153344012 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 5153344012 APPENDICES.pdf
Download (178kB)
9. NIM. 5153344012 CHAPTER I.pdf
Download (458kB)
13. NIM. 5153344012 CHAPTER V.pdf
Download (138kB)
14. NIM. 5153344012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (263kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kelainan – kelainan kulit yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar kelainan – kelainan kulit yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips terhadap hasil belajar kelainan – kelainan kulit siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu 30 siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips dan 30 siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 40 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada materi kelainan – kelainan kulit yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah (90%). Hasil belajar siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada materi kelainan – kelainan kulit yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips berada pada kategori baik (56,67%). Nilai rata – rata pada kelas kontrol 59,17 dengan standar deviasi 9,06 sedangkan nilai rata – rata pada kelas eksperimen 84,58 dengan standar deviasi 6,76. Hasil uji normalitas data pada kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,048 dan Ltabel = 0,162, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,125 dan Ltabel = 0,162. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,794 dan Ftabel = 1,86 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga Fhitung < Ftabel atau 1,794 < 1,86. Hasil uji statistik yaitu diperoleh thitung = 12,23 dan ttabel = 2,001 dengan α = 0,05 dan dk = 58 sehingga thitung > ttabel atau 12,23 > 2,001. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap hasil belajar kelainan – kelainan kulit siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Model Pembelajaran Talking Chips; kelainan – kelainan kulit |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:18 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56927 |