Apriani, Annisa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Gerakan Pengurutan Wajah Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153144002 COVER.pdf
Download (325kB)
2. NIM 5153144002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (756kB)
3. NIM 5153144002 ABSTRACT.pdf
Download (175kB)
4. NIM 5153144002 PREFACE.pdf
Download (121kB)
5. NIM 5153144002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (84kB)
6. NIM 5153144002 TABLES.pdf
Download (107kB)
7. NIM 5153144002 ILLUSTRATION.pdf
Download (91kB)
8. NIM 5153144002 APPENDICES.pdf
Download (65kB)
9. NIM 5153144002 CHAPTER I.pdf
Download (290kB)
13. NIM 5153144002 CHAPTER V.pdf
Download (766kB)
14. NIM 5153144002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (85kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kecenderungan hasil belajar gerakan pengurutan wajah dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan, (2) untuk mengetahui tingkat kecenderungan hasil belajar gerakan pengurutan wajah dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar gerakan pengurutan wajah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang diambil dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran SAVI sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional sebanyak 32 siswa. Uji instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, dengan memberi tes pilihan berganda berjumlah 50 soal, dan terdapat sebanyak 40 soal valid dan 10 soal tidak valid. Sehingga instrumen penelitian yang digunakan sebanyak 40 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji-t dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas data. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar gerakan pengurutan wajah dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan berada pada kategori cenderung rendah yaitu sebanyak 46,88%. Hasil belajar gerakan pengurutan wajah dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan berada pada kategori cenderung baik yaitu sebanyak 84,38%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus chi kuadrat, diperoleh x2hitung = 5,7018 dan x2tabel = 11,1, karena x2hitung < x2tabel maka data hasil belajar siswa kelas eksperimen berdistribusi normal, dan kelas kontrol diperoleh x2hitung = 1,4705 dan x2tabel = 11,1, karena x2hitung < x2tabel maka data hasil belajar siswa kelas kontrol berdistribusi normal. Uji homogenitas data, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,35 < 1,82 maka kedua kelas dinyatakan homogen. Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar gerakan pengurutan wajah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik yaitu diperoleh t_hitung= 4,73 dan t_tabel= 2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 62 sehingga t_hitung > t_tabel atau 4,73 > 2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually); Hasil Belajar Gerakan Pengurutan Wajah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:02 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56923 |