Lubis, Sulis Indriyani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191111013_Cover.pdf
Download (223kB)
1191111013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (238kB)
1191111013_Abstrak.pdf
Download (217kB)
1191111013_Kata_Pengantar.pdf
Download (498kB)
1191111013_Daftar_Isi.pdf
Download (244kB)
1191111013_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
1191111013_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
1191111013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
1191111013_BAB_I.pdf
Download (637kB)
1191111013_BAB_V.pdf
Download (272kB)
1191111013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (517kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kognitif matematika peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga pada materi bangun datar kelas IV SD; 2) Hasil
belajar kognitif matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga pada materi bangun datar kelas IV SD; 3) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar
matematika bangun datar kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri
095139 Semangat Baris yang berjumlah 38 peserta didik dan peserta didik kelas IV Mis An-nazam Baja Dolok berjumlah 23 peserta didik. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan SD Negeri 095139 Semangat Baris sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik dan Mis An-nazam Baja Dolok sebagai kelas kontrol berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data terdiri atas tes pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) hasil nilai rata-rata kelas kontrol pada pretest memiliki nilai 43,26 dan posttest 54,35; 2) hasil nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest memiliki nilai 45,62 dan posttest 75,83; 3) hasil hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika bangun datar kelas IV SD. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji-t yaitu t-hitung > t-tabel (4,616 > 2,014) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Begitupun hasil dari nilai signifikansi bernilai 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kooperatif; Teams Games Tournament (TGT); Media Ular Tangga; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:23 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56905 |