Simanjuntak, Cindy (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Materi Pecahan Berbasis Contextual Learning Pada Kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311053 COVER.pdf
Download (144kB)
2. NIM. 1183311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (428kB)
3. NIM. 1183311053 ABSTRACT.pdf
Download (156kB)
4. NIM. 1183311053 KATA PENGANTAR.pdf
Download (321kB)
5. NIM. 1183311053 DAFTAR ISI.pdf
Download (260kB)
6. NIM. 1183311053 DAFTAR TABEL.pdf
Download (122kB)
7. NIM. 1183311053 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (118kB)
8. NIM. 1183311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (120kB)
9. NIM. 1183311053 BAB I.pdf
Download (483kB)
14. NIM. 1183311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (185kB)
13. NIM. 1183311053 BAB V.pdf
Download (289kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul matematika materi pecahan berbasis contextual learning, kepraktisan e-modul matematika materi pecahan berbasis contextual learning dan efektivitas e-modul matematika materi pecahan berbasis contextual learning pada kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SD Negeri 104607 Sei Rotan. Objek dalam penelitian ini adalah e-modul matematika materi pecahan. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrument wawancara guru, instrument validasi bahan ajar dan materi dan instrument praktisi pendidikan. Hasil Penelitian pengembangan bahan ajar e-modul matematika materi pecahan ini menunjukkan validasi bahan ajar memperoleh rata-rata nilai 4,6 dan presentase kelayakan adalah 93% dan hasil validasi materi memperoleh rata-rata nilai 4,8 dan hasil presentase yang diperoleh adalah 96%. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh kepraktisan 96%. Berdasarkan hasil penilaian praktikalitas oleh praktisi pendidikan maka e-modul matematika materi pecahan ini praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji keefektifan e-modul dapat diketahui bahwa setelah menggunakan e-modul, nilai rata-rata siswa meningkat dari rata-rata awal sebelum menggunakan yaitu 53,53 menjadi 85 Berdasarkan hasil uji efektivitas maka dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika materi pecahan efektif digunakan untuk pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; E-Modul; Contextual Learning; Pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:43 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56892 |