Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Materi Pecahan Berbasis Contextual Learning Pada Kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2022/2023

Simanjuntak, Cindy (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Materi Pecahan Berbasis Contextual Learning Pada Kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183311053 COVER.pdf] Text
1. NIM. 1183311053 COVER.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 2. NIM. 1183311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 1183311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 3. NIM. 1183311053 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 1183311053 ABSTRACT.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4. NIM. 1183311053 KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 1183311053 KATA PENGANTAR.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 5. NIM. 1183311053 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 1183311053 DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 6. NIM. 1183311053 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 1183311053 DAFTAR TABEL.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 7. NIM. 1183311053 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM. 1183311053 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8. NIM. 1183311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 1183311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 9. NIM. 1183311053 BAB I.pdf] Text
9. NIM. 1183311053 BAB I.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1183311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1183311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1183311053 BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1183311053 BAB V.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul matematika materi pecahan berbasis contextual learning, kepraktisan e-modul matematika materi pecahan berbasis contextual learning dan efektivitas e-modul matematika materi pecahan berbasis contextual learning pada kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SD Negeri 104607 Sei Rotan. Objek dalam penelitian ini adalah e-modul matematika materi pecahan. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrument wawancara guru, instrument validasi bahan ajar dan materi dan instrument praktisi pendidikan. Hasil Penelitian pengembangan bahan ajar e-modul matematika materi pecahan ini menunjukkan validasi bahan ajar memperoleh rata-rata nilai 4,6 dan presentase kelayakan adalah 93% dan hasil validasi materi memperoleh rata-rata nilai 4,8 dan hasil presentase yang diperoleh adalah 96%. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh kepraktisan 96%. Berdasarkan hasil penilaian praktikalitas oleh praktisi pendidikan maka e-modul matematika materi pecahan ini praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji keefektifan e-modul dapat diketahui bahwa setelah menggunakan e-modul, nilai rata-rata siswa meningkat dari rata-rata awal sebelum menggunakan yaitu 53,53 menjadi 85 Berdasarkan hasil uji efektivitas maka dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika materi pecahan efektif digunakan untuk pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; E-Modul; Contextual Learning; Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 May 2024 07:43
Last Modified: 16 May 2024 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56892

Actions (login required)

View Item
View Item